digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Yudi Sahdilah Nur
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Yudi Sahdilah Nur
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Yudi Sahdilah Nur
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Yudi Sahdilah Nur
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Yudi Sahdilah Nur
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Yudi Sahdilah Nur
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

Dengan dibuktikan oleh kesiapan dan keberhasilan perusahaan lain, PT Asuransi Jiwasraya (Persero) menangkap peluang untuk mengembangkan hasil bisnis melalui transformasi digital melalui perencanaan pembentukan tim transformasi digital di tahun 2016. Perencanaan transformasi digital menjadi penting untuk bisnis perusahaan, dengan adanya keberhasilan pesaing serta perencanaan digital yang konkrit dari mayoritas perusahaan asuransi jiwa di Indonesia dalam mengimplementasikan transformasi digital. Conceptual framework disusun dengan output menyusun perencanaan implementasi transformasi digital. Dalam penelitian ini, transformasi digital dinyatakan dalam 3 bentuk yaitu, digitisasi, digitalisasi dan transformasi bisnis. Selanjutnya dibentuk Research Model dibentuk melalui pendefinisian dari studi literatur berupa, digital mastery dan building blocks serta konsep terkait transformasi digital. Dengan membandingkan konndisi eksisting perusahaan, diperoleh gap penerapan di perusahaan. Dari hasil gap penerapan tranformasi digital ini, diperoleh 16 faktor dengan rincian 3 faktor dari internal building blocks dan 13 faktor dari eksternal building blocks yang teridentifikasi masih belum atau pun kurang terdefinisi implementasinya di PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Dengan hasil tersebut dianalisis solusi bisnis alternatif untuk pemngimplementasiannya. Dari hasil analisis sebelumnya, disusun rencana implementasi solusi bisnis dari seluruh aspek yang dibahas. Rencana tersebut disusun dalam sebuah tabel yang menjabarkan solusi bisnis, jadwal pelaksanaan serta frekuensi pelaksanaan solusi bisnis.