digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Dokumen Asli
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan

Cinema XXI merupakan pemimpin pasar dalam bisnis layanan bioskop. Untuk mempermudah proses pemesanan tiket dan makanan, PT Nusantara Sejahtera Raya sebagai perusahaan pemilik Cinema XXI menciptakan aplikasi m.tix. Namun, pengguna merasa aplikasi tersebut memiliki masalah dalam desainnya sehingga pengguna tidak puas menggunakan aplikasi tersebut. Untuk mengatasi masalah ini, dibuatlah perbaikan UI/UX dari aplikasi m.tix menggunakan metodologi user- centered design. Langkah-langkah yang dilakukan adalah memahami konteks penggunaan, menentukan kebutuhan pengguna, menghasilkan solusi desain, melakukan evaluasi dari solusi yang dihasilkan, serta membuat implementasi MVP dari aplikasi. Hasil desain perbaikan yang dihasilkan telah memperoleh hasil yang lebih baik dibandingkan kondisi aplikasi sebelumnya, dengan seluruh peserta pengujian berhasil menyelesaikan semua task dalam jumlah langkah dan rata-rata waktu yang lebih singkat. Hasil pengujian dari metrik SUS, SEQ, dan NPS juga mendapatkan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan kondisi aplikasi sebelumnya. Implementasi Minimum Viable Product (MVP) dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman JavaScript, dengan memanfaatkan framework React Native dan platform pengembangan Expo Go untuk mempercepat dan mempermudah implementasi dari sistem. Perbaikan antarmuka dari aplikasi m.tix menjadi strategi untuk meningkatkan jumlah pelanggan setia yang dapat mempertahankan posisi Cinema XXI sebagai pemimpin pasar pada industri bioskop di Indonesia.