Dokumen Asli
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan
Cinema XXI merupakan pemimpin pasar dalam bisnis layanan bioskop. Untuk
mempermudah proses pemesanan tiket dan makanan, PT Nusantara Sejahtera Raya
sebagai perusahaan pemilik Cinema XXI menciptakan aplikasi m.tix. Namun,
pengguna merasa aplikasi tersebut memiliki masalah dalam desainnya sehingga
pengguna tidak puas menggunakan aplikasi tersebut. Untuk mengatasi masalah ini,
dibuatlah perbaikan UI/UX dari aplikasi m.tix menggunakan metodologi user-
centered design. Langkah-langkah yang dilakukan adalah memahami konteks
penggunaan, menentukan kebutuhan pengguna, menghasilkan solusi desain,
melakukan evaluasi dari solusi yang dihasilkan, serta membuat implementasi MVP
dari aplikasi. Hasil desain perbaikan yang dihasilkan telah memperoleh hasil yang
lebih baik dibandingkan kondisi aplikasi sebelumnya, dengan seluruh peserta
pengujian berhasil menyelesaikan semua task dalam jumlah langkah dan rata-rata
waktu yang lebih singkat. Hasil pengujian dari metrik SUS, SEQ, dan NPS juga
mendapatkan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan kondisi aplikasi
sebelumnya. Implementasi Minimum Viable Product (MVP) dikembangkan dengan
menggunakan bahasa pemrograman JavaScript, dengan memanfaatkan framework
React Native dan platform pengembangan Expo Go untuk mempercepat dan
mempermudah implementasi dari sistem. Perbaikan antarmuka dari aplikasi m.tix
menjadi strategi untuk meningkatkan jumlah pelanggan setia yang dapat
mempertahankan posisi Cinema XXI sebagai pemimpin pasar pada industri bioskop
di Indonesia.