digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak Sarah Afifah Thohiroh [17520003]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mencantumkan pembelajaran berbasis STEAM ke dalam kurikulum pendidikan dan buku pedoman pembelajaran untuk satuan PAUD. Istilah ini menuai permasalahan baru mengenai pembelajaran STEAM yang dinilai sangat kompleks untuk diterapkan kepada anak usia dini dan memberatkan ekspektasi kepada guru untuk mengimplementasikan topik tersebut ke dalam pembelajaran. Disisi lain pembelajaran berbasis kognitif yang diberikan untuk anak usia dini masih banyak yang terpaut pada kegiatan berbasis kertas juga membaca, menulis dan berhitung (CALISTUNG). Terkait permasalahan tersebut dilakukan proses penelitian dan perancangan alat bantu pembelajaran kognitif yang dapat meimplementasikan konsep pembelajaran sekaligus membawakan nilai keberagaman topik pembelajaran dengan metode dan tahapan yang sesuai dengan perkembangan kognitif anak usia 4-6 tahun. Menggunakan pendekatan pembelajaran model sentra untuk mewadahi proses belajar seakan-akan sedang bermain bersama teman sebaya. Fokus kegiatan akan dilakukan di dalam ruangan perancangan juga dilakukan dengan memerhatikan aspek kemudahan produksi dan keterjangkauan harga untuk digunakan oleh penyelenggara PAUD.