digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABstrak Bianca Masrsha Susanto 17520017
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

Industri kosmetik mengalami pertumbuhan pesat, terutama dengan munculnya Generasi Z sebagai segmen pasar yang paling berpengaruh. Generasi ini menunjukkan kecenderungan untuk terhubung dengan teknologi, peduli terhadap kesehatan mental, dan menginginkan produk kosmetik yang mendukung kesejahteraan emosional. Sebagai respons, inovasi produk kosmetik telah mengintegrasikan teknologi dan elemen kesejahteraan emosional, seperti merancang device companion berbentuk kemasan eksklusif. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana desain kemasan kosmetik ini memengaruhi kesejahteraan emosional Generasi Z, dengan harapan dapat memperkuat loyalitas merek dan kepuasan konsumen. Metodologi penelitian mencakup studi literatur, studi kasus, survei, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyak Generasi Z memperhatikan kesejahteraan emosional, dan perangkat kemasan kosmetik dapat menjadi alat yang membantu mereka mengelola emosi melalui relaksasi, mendengarkan, dan memberikan afirmasi positif. Tujuan penelitian ini adalah untuk memajukan Generasi Z agar tetap produktif dan menghargai diri mereka sendiri, demi masa depan yang lebih baik.