digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

PT. Graha Putra Asido, sebuah perusahaan perumahan di Pematangsiantar yang berfokus pada perumahan bersubsidi, belum memiliki strategi pemasaran yang terarah, dengan hanya 22,22% pembeli berasal dari Generasi Z meskipun kelompok ini mendominasi program perumahan bersubsidi di Indonesia. Untuk menghindari kehilangan pasar dan memanfaatkan penggunaan media sosial yang signifikan oleh Gen Z, penelitian ini dilakukan untuk mengusulkan strategi pemasaran yang sesuai dengan preferensi dan perilaku Generasi Z guna meningkatkan jangkauan dan keterlibatan pasar PT. Graha Putra Asido, menggunakan metode P.O.S.T dan sentuhan pada Strategi P.O.E.M. Melalui pendekatan metode campuran, termasuk survei pasar dan wawancara informan kunci, penelitian ini mengeksplorasi pola penggunaan dan preferensi media sosial Gen Z, serta strategi pemasaran dari perusahaan saat ini. Penelitian ini menyimpulkan dengan rencana yang komprehensif, termasuk sebuah bagan Gantt, untuk mencapai tiga tujuan utama dengan menerapkan strategi media sosial yang terarah, seperti jadwal posting yang dioptimalkan, konten fokus platform, visual yang menarik, kemitraan dengan influencer, dan kampanye menarik yang disesuaikan dengan preferensi Generasi Z.