digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Chrisantya Putri Saragih
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

BAB 1 Chrisantya Putri Saragih
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

BAB 2 Chrisantya Putri Saragih
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

BAB 3 Chrisantya Putri Saragih
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

BAB 4 Chrisantya Putri Saragih
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

BAB 5 Chrisantya Putri Saragih
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

BAB 6 Chrisantya Putri Saragih
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

PUSTAKA Chrisantya Putri Saragih
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

LAMPIRAN Chrisantya Putri Saragih
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

Stasiun Kereta Cepat Jakarta Bandung merupakan salah satu proyek strategis nasional yang bertujuan meningkatkan konektivitas dan mobilitas serta mendorong pengaruh positif terhadap pertumbuhan ekonomi disekitarnya. Harga lahan menjadi salah satu aspek yang umumnya terdampak dari pembangunan infrastruktur ialah perubahan harga lahan. Saat ini belum terdapatnya penelitian terdahulu yang membahas tentang pengaruh stasiun Kereta Cepat Padalarang terhadap harga lahan disekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh tersebut pada harga lahan disekitar stasiun. Penentuan variabel penelitian menggunakan Content Analysis berdasarkan kumpulan variabel-variabel studi terdahulu yang membahas dampak stasiun terhadap perubahan harga lahan dengan metode Hedonic Pricing Model. Analisis faktor dan analisis regresi dengan Ordinary Least Square dilakukan untuk menilai signifikansi pengaruh faktor-faktor terhadap harga lahan. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa keberadaan Stasiun Kereta Cepat Padalarang belum memberikan pengaru terhadap harga lahan disekitarnya. Harga lahan disekitar stasiun dipengaruhi oleh faktor atribut lingkungan, faktor atribut transportasi, faktor atribut intrinsik, dan faktor atribut disekitar persil lahan. Faktor atribut lingkungan terdiri atas KDB, KLB, dan Zonasi. Faktor atribut transportasi terdiri atas jarak lahan ke CBD, jarak lahan ke fasilitas pendidikan, dan jarak lahan ke fasilitas kesehatan. Faktor atribut intrinsik lahan terdiri atas luas dan bentuk lahan. Faktor atribut disekitar persil lahan terdiri atas lebar jalan dan kondisi wilayah. Berdasarkan studi terdahulu, belum terdapatnya pengaruh keberadaan Stasiun Kereta Cepat terhadap kenaikan lahan mungkin disebabkan oleh beberapa faktor mulai dari masa operasional yang masih kurang dari satu tahun atau diakibatkan mobilitas masyarakat pengguna kereta cepat masih rendah.