Onboarding adalah fase kritis bagi karyawan baru. Ini adalah fase di mana mereka
belajar beradaptasi dengan organisasi baru untuk berkontribusi melalui peran mereka
untuk mencapai tujuan organisasi. Manajer memainkan peran penting untuk
mendukung karyawan baru agar dapat berkontribusi serta memenuhi harapan yang
diberikan kepada mereka. Penelitian ini dilakukan di Bank Pelopor – Pelopor Bank
Digital di Indonesia untuk melihat pengalaman karyawan, masalah yang dialami, serta
dukungan yang mereka butuhkan selama onboarding. Penelitian ini bertujuan untuk
mengusulkan program onboarding yang dapat diterapkan di Bank Pelopor untuk
meningkatkan produktivitas karyawan baru serta berkontribusi terhadap organisasi.
Penelitian ini menggunakan metode campuran kualitatif dan kuantitatif.
Penulis memulai penelitian ini dengan mengumpulkan umpan balik dari karyawan
karyawan baru menggunakan kuesioner diikuti dengan Wawancara Mendalam dengan
Sumber Daya Manusia Resmi Bank Pelopor untuk memahami kebutuhan dan harapan
baik dari sisi karyawan maupun Manajemen selama masa onboarding.
Dari penelitian ini disimpulkan, bahwa karyawan baru di Bank Pelopor memiliki
pengalaman yang baik selama masa onboarding. Namun Bank Pelopor harus
melakukan peningkatan di proses onboarding terutama di bagian Administrasi, Early
Carrer Support, serta Governance. Penulis menyarankan Bank Pelopor untuk
menerapkan Program Strategic Onboarding untuk memberikan bantuan yang
dibutuhkan oleh karyawan baru selama masa onboarding. Program ini diharapkan
dapat meningkatkan produktivitas karyawan dalam berkontribusi melalui tugas dan
tanggung jawab mereka dalam rangka pencapaian tujuan Perusahaan.