digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Tika Arundina
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Tika Arundina
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Tika Arundina
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Tika Arundina
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Tika Arundina
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 5 Tika Arundina
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Tika Arundina
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

Onboarding adalah fase kritis bagi karyawan baru. Ini adalah fase di mana mereka belajar beradaptasi dengan organisasi baru untuk berkontribusi melalui peran mereka untuk mencapai tujuan organisasi. Manajer memainkan peran penting untuk mendukung karyawan baru agar dapat berkontribusi serta memenuhi harapan yang diberikan kepada mereka. Penelitian ini dilakukan di Bank Pelopor – Pelopor Bank Digital di Indonesia untuk melihat pengalaman karyawan, masalah yang dialami, serta dukungan yang mereka butuhkan selama onboarding. Penelitian ini bertujuan untuk mengusulkan program onboarding yang dapat diterapkan di Bank Pelopor untuk meningkatkan produktivitas karyawan baru serta berkontribusi terhadap organisasi. Penelitian ini menggunakan metode campuran kualitatif dan kuantitatif. Penulis memulai penelitian ini dengan mengumpulkan umpan balik dari karyawan karyawan baru menggunakan kuesioner diikuti dengan Wawancara Mendalam dengan Sumber Daya Manusia Resmi Bank Pelopor untuk memahami kebutuhan dan harapan baik dari sisi karyawan maupun Manajemen selama masa onboarding. Dari penelitian ini disimpulkan, bahwa karyawan baru di Bank Pelopor memiliki pengalaman yang baik selama masa onboarding. Namun Bank Pelopor harus melakukan peningkatan di proses onboarding terutama di bagian Administrasi, Early Carrer Support, serta Governance. Penulis menyarankan Bank Pelopor untuk menerapkan Program Strategic Onboarding untuk memberikan bantuan yang dibutuhkan oleh karyawan baru selama masa onboarding. Program ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas karyawan dalam berkontribusi melalui tugas dan tanggung jawab mereka dalam rangka pencapaian tujuan Perusahaan.