digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Muhammad Hadrian Deswandi J.
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Muhammad Hadrian Deswandi J.
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Muhammad Hadrian Deswandi J.
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Muhammad Hadrian Deswandi J.
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Muhammad Hadrian Deswandi J.
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 5 Muhammad Hadrian Deswandi J.
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Muhammad Hadrian Deswandi J.
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

Industri pertanian memainkan peran penting dalam ketahanan dan keberlanjutan pangan suatu negara. Meskipun produk pupuk sangat penting untuk menyediakan nutrisi bagi tanaman, dalam praktiknya, penggunaan pupuk kimia yang berlebihan dapat menimbulkan dampak buruk terhadap kualitas tanah, termasuk kerusakan fisik, kimia, dan biologi, yang pada akhirnya mengurangi kesuburan tanah. Untuk mengatasi permasalahan ini, penggunaan pupuk organik didorong untuk meningkatkan kualitas tanah dan kandungan unsur hara, yang bertujuan untuk mencapai pendekatan yang seimbang dalam mengoptimalkan nutrisi tanaman sekaligus meminimalkan dampak buruk yang terkait dengan penggunaan pupuk kimia yang berlebihan. Pergeseran perilaku konsumen ke arah pembelian online pasca-Covid telah mempengaruhi sektor pertanian, dengan lonjakan signifikan dalam penjualan produk tanaman di Tokopedia (platform E-Commerce terkemuka di Indonesia). Didukung dengan data jumlah petani milenial di Indonesia yang melek teknologi, terdapat peluang bagi perusahaan di sektor pertanian untuk memanfaatkan Big Data yang dihasilkan oleh website E-Commerce. PT Simco Tridatama sebagai perusahaan dagang yang biasa bergerak pada sektor Business-to-Business (B2B) mempunyai permasalahan dalam menentukan strategi bauran pemasaran yang tepat untuk penetrasi pasar retail dan e-commerce yang berdampak pada fluktuasi penjualan produk pupuk organik. . Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan strategi bauran pemasaran (4p) pupuk organik melalui penerapan Analisa Big Data menggunakan kerangka Knowledge Discovery in Database (KDD). Pengumpulan data dari E-Commerce dilakukan dengan metode Web Scraping, dilanjutkan dengan teknik pengolahan dan Data Mining seperti Pivot Table, K-Means, dan Multidimensional Scaling (MDS). Interpretasi data dari hasil data mining berfungsi sebagai solusi untuk merumuskan strategi perbaikan bagi perusahaan.