digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Mohammad Nur Hidayat Roffik
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Mohammad Nur Hidayat Roffik
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Mohammad Nur Hidayat Roffik
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Mohammad Nur Hidayat Roffik
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Mohammad Nur Hidayat Roffik
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 5 Mohammad Nur Hidayat Roffik
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Mohammad Nur Hidayat Roffik
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

Industri pariwisata telah bergejolak kembali pasca pandemi COVID-19 seletah 2021 terutama di Yogyakarta. Sebagai strategy pemasaran untuk perusahaan jasa, 7P dan perilaku pelanggan telah dipelajari secara terpisah oleh beberapa peneliti Akan tetapi sangat penting untuk mengetahui hubungan antara detail kualitas dari 7P dengan niat kunjungan balik dan niat pembelian. Penelitian ini menggunakan kombinasi kerangka kerja 7P sebagai basis yang diakses dari perilaku konsumen sebagai stimulus. Niat kunjungan balik untuk pelanggan lama sangat di pengaruhi oleh tingkat kepuasan pelanggan pada layanan sebelumnya. Penelitian mengkonfirmasi bahwa diantara berbagai faktor, sebuah Perusahaan harus memperhatikan kualitas pelayanan sebelumnya dan strategi harga sesuai segmennya. Hospitality dan harga yang baik akan melekat dengan baik ke pelanggan dan akan meningkatkan niat kunjungan balik. Untuk mencakup pelanggan yang lebih luas, perusahaaan haruslah fokus dalam membangun kepercayaan dan informasi yang akurat dalam website dan program promosi. Kualitas website, online servis dan promosi yang agresif akan meningkatkan niat pembelian. Hasil dari studi pelanggan ini akan menjadi pondasi dalam analisa usulan STP baru dan 7P baru sebagai strategi pemasaran yang baru. Ini akan diterapkan kedalam dalam visi baru organisasi perusahaan, filosofi operasional dan juga harus di translasikan secara baik dalam konten digital manapun termasuk website. Strategi positioning yang baru akan di terjemahkan kedalam 5 program aktifitas pemasaran. Diantaranya (1) meingkatkan kualitas layanan tim, (2) membuat divisi baru layanan Corporate, (3) mendesain ulang paket wisata, (4) meningkatkan kualitas website dan (5) memperkuat program dan dan promosi. Bagaimanapun, masih ada faktor dan variabel lain yang berpengaruh pada niat kunjungan atau niat pembelian untuk penelitian slanjutnya