digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Fatma Nur Rosana
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Fatma Nur Rosana
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Fatma Nur Rosana
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Fatma Nur Rosana
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Fatma Nur Rosana
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 5 Fatma Nur Rosana
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Fatma Nur Rosana
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

Pengelolaan limbah padat (SWM) menjadi permasalahan lingkungan yang disorot di Indonesia, dengan meningkatnya timbulan sampah dan infrastruktur yang terbatas menyebabkan pencemaran lingkungan. Inisiatif pemerintah dan perusahaan pengelolaan limbah berupaya untuk mengatasi masalah ini dengan mendorong partisipasi masyarakat. Namun, banyak inisiatif berbasis masyarakat menghadapi tantangan dalam keberlanjutan dan pengembangan. Studi ini fokus pada menganalisis model bisnis CV Bina Usaha Mandiri (BUM), sebuah perusahaan pengelolaan limbah di Jawa Tengah, untuk menyusun rencana pengembangan layanan pengelolaan limbah yang efektif. Studi ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif untuk memahami tantangan yang dihadapi oleh pemilik bisnis, kemudian mengeksplorasi cara untuk meningkatkan kinerja mereka dan memberikan ide. Data dianalisis secara kualitatif dengan mengadopsi pendekatan induktif dengan tujuan mengembangkan kesimpulan dari data yang terkumpul. Lingkungan eksternal dan internal dianalisis, kemudian analisis SWOT digunakan untuk menilai daya saing BUM guna mengembangkan strategi bisnis. Berdasarkan matriks SWOT, dipilih beberapa strategi untuk diusulkan guna peningkatan kinerja BUM dalam hal volume pengumpulan dan pengelolaan usahanya. Studi ini merekomendasikan penerapan strategi diferensiasi fokus untuk BUM. Memanfaatkan keberadaannya yang kuat di Jawa Tengah dan Yogyakarta, kelebihan BUM dalam menyediakan layanan unik untuk menangani material bernilai rendah membawanya dalam keunggulan kompetitif.