Selaras Outdoor adalah restoran berbasis keluarga yang didirikan di Ciamis pada tahun 2021. Bisnis F&B yang dijual di sana menjual harga yang terjangkau dengan berbagai produk makanan baik Sunda maupun western. Lokasi Selaras Outdoor terfokus pada alam seolah menikmati makan di dalam hutan privat kecil dengan suara alam dari sungai mengalir. Mengetahui semakin marak restoran/kafe baru dengan tema outdoor, Selaras Outdoor menghadapi permasalahan bisnis yang terjadi diantaranya ialah pendapatan penjualan yang terus turun. Jumlah pengunjung yang datang semakin lama berkurang dikarenakan kebiasaan warga Ciamis dan Tasikmalaya yang akan berkunjung ketika lokasi restoran maupun kafe baru dibuka. Oleh karena itu, diperlukan strategi untuk dapat meningkatkan pendapatan yang berawal dari kepuasan pelanggan. Temuan dari penelitian ini akan digunakan untuk mendapatkan strategi pemasaran terbaik untuk membuat jalan agar pendapatan meningkat. Oleh karena itu, studi penelitian akan dilakukan untuk mengatasi masalah yang dialami Selaras Outdoor. Eksplorasi bisnis Selaras Outdoor akan dikembangkan berdasarkan analisis eksternal (PESTEL, Porter’s Five Forces, kostumer, dan kompetitor) dan internal (VRIO, STP, dan Service Marketing Mix). Penelitian ini menggunakan dua jenis data yaitu data primer dan sekunder. Data primer akan dikumpulkan melalui wawancara dan observasi sedangkan data sekunder dilakukan untuk memperkuat landasan teori dari setiap variable yang diteliti serta analisis eksternal dan internal pada penelitian ini.
PUBLIC Open In Flip Book Yose Ali Rahman
Selaras Outdoor adalah restoran berbasis keluarga yang didirikan di Ciamis pada
tahun 2021. Bisnis F&B yang dijual di sana menjual harga yang terjangkau dengan
berbagai produk makanan baik Sunda maupun western. Lokasi Selaras Outdoor
terfokus pada alam seolah menikmati makan di dalam hutan privat kecil dengan
suara alam dari sungai mengalir. Mengetahui semakin marak restoran/kafe baru
dengan tema outdoor, Selaras Outdoor menghadapi permasalahan bisnis yang
terjadi diantaranya ialah pendapatan penjualan yang terus turun. Jumlah
pengunjung yang datang semakin lama berkurang dikarenakan kebiasaan warga
Ciamis dan Tasikmalaya yang akan berkunjung ketika lokasi restoran maupun kafe
baru dibuka. Oleh karena itu, diperlukan strategi untuk dapat meningkatkan
pendapatan yang berawal dari kepuasan pelanggan. Temuan dari penelitian ini
akan digunakan untuk mendapatkan strategi pemasaran terbaik untuk membuat
jalan agar pendapatan meningkat. Oleh karena itu, studi penelitian akan dilakukan
untuk mengatasi masalah yang dialami Selaras Outdoor. Eksplorasi bisnis Selaras
Outdoor akan dikembangkan berdasarkan analisis eksternal (PESTEL, Porter’s
Five Forces, kostumer, dan kompetitor) dan internal (VRIO, STP, dan Service
Marketing Mix). Penelitian ini menggunakan dua jenis data yaitu data primer dan
sekunder. Data primer akan dikumpulkan melalui wawancara dan observasi
sedangkan data sekunder dilakukan untuk memperkuat landasan teori dari setiap
variable yang diteliti serta analisis eksternal dan internal pada penelitian ini.
Dengan menggunakan triangulasi koleksi data terhadap apa yang telah didapatkan
dari pelanggan yang telah mengunjungi Selaras Outdoor serta sumber berita
terbaru mengenai restoran outdoor, diperoleh hasil bahwa kepuasan pelanggan
berpengaruh positif terhadap Selaras Outdoor. Berdasarkan analisis eksternal dan
internal, peneliti melakukann analisis SWOT dan mengidentifikasi akar
permasalahan. Dari sana berkembang menjadi beberapa strategi yang
digabungkan secara bersama menghasilkan dua strategi. Peneliti
merekomendasikan satu strategi terbaik dengan kelemahan yang bisa diatasi untuk
mengatasi akar permasalahan.