digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER - Anisah Rahmi Baldina
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 1 - Anisah Rahmi Baldina
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 - Anisah Rahmi Baldina
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 - Anisah Rahmi Baldina
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 - Anisah Rahmi Baldina
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 - Anisah Rahmi Baldina
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 6 - Anisah Rahmi Baldina
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

PUSTAKA - Anisah Rahmi Baldina
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

Pertumbuhan kendaraan sepeda motor di Indonesia terus meningkat setiap tahunnya. Hal tersebut menempatkan pengendara sepeda motor dalam situasi berisiko yang berpotensi menyebabkan kecelakaan lalu lintas. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi situasi berisiko pada pengendara sepeda motor di Kota Surabaya. Tujuan tersebut akan dicapai melalui kajian situasi berisiko dengan pendekatan naturalistic driving study (NDS). Pendekatan naturalistic driving study melibatkan setidaknya sepuluh pengendara sepeda motor untuk berkendara selama satu sampai dua hari dengan jarak tempuh minimal 10 km. Partisipan mengendarai sepeda motor yang telah dilengkapi dengan satu kamera untuk merekam situasi berisiko yang dihadapi. Hasil rekaman video berkendara diolah melalui proses data reduction, sehingga memperoleh 418 situasi berisiko yang kemudian dikategorisasikan menjadi 61 skenario situasi berisiko berdasarkan konteks yang sama. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat dua faktor utama penyebab situasi berisiko, yaitu faktor manusia dan jalan. Faktor manusia berkontribusi pada sebagian besar situasi berisiko, khususnya pelanggaran pengendara sepeda motor terhadap rambu-rambu lalu lintas. Terakhir adalah implikasi dari hasil penelitian ini adalah usulan atau rekomendasi intervensi menggunakan pendekatan 3E yaitu education, enforcement, dan engineering. Usulan atau rekomendasi intervensi diberikan untuk tiga skenario situasi berisiko yang paling sering dihadapi oleh partisipan dan tiga skenario situasi berisiko lainnya dengan tingkat risiko tinggi kecelakaan lalu lintas berdasarkan oleh penilaian trainer. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah melakukan validasi untuk usulan atau rekomendasi yang diberikan pada penelitian ini.