ABSTRAK Aulia Annisa Rahmatillah
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Di tahun 2022, Indonesia mencatat sebanyak 139,258 kasus kecelakaan lalu lintas yang
mengakibatkan total 201,944 korban. Mayoritas kecelakaan lalu lintas, sebesar 77%,
melibatkan sepeda motor dengan 40% pengemudinya berusia 25-40 tahun. Di Daerah
Istimewa Yogyakarta, selama periode 2018 hingga 2021, dari total 36,881 korban kecelakaan
lalu lintas, sebanyak 29,722 korban atau sekitar 80.59% merupakan korban dari kecelakaan
yang melibatkan sepeda motor. Penelitian ini memberikan gambaran tentang situasi berisiko
yang mungkin dihadapi oleh pada pengendara sepeda motor di Daerah Istimewa Yogyakarta
menggunakan metode naturalistic driving study (NDS).
Pengumpulan data melibatkan 14 orang partisipan perempuan yang berdomisili di Daerah
Istimewa Yogyakarta yang berkendara menggunakan sepeda motor selama 1-2 hari.
Partisipan mengemudikan motor yang telah dilengkapi dengan satu unit kamera menghadap
jalanan untuk merekam situasi dan kondisi selama perjalanan. Rekaman video diolah melalui
proses reduksi data untuk menghasilkan kategori situasi berisiko atau safety critival event
(SCE). Severity dari setiap kategori situasi berisiko dinilai berdasarkan penilaian dari 5 orang
responden yang memiliki pengalaman mengendarai sepeda motor lebih dari 10 tahun.
Dengan menggunakan hasil penilaian severity dan jumlah situasi berisiko, setiap kategori
dipetakan ke dalam severity-frequenccy matrix untuk menentukan tingkat risiko dari setiap
kategori.
Penelitian ini menghasilkan 755 situasi berisiko yang mungkin dihadapi oleh pengendara
sepeda motor perempuan di Daerah Istimewa Yogyakarta, yang terbagi menjadi 29 kategori.
Dari 29 kategori tersebut, 8 diantaranya memiliki risiko yang sangat tinggi, 14 memiliki
risiko tinggi, dan 7 kategori memiliki risiko sedang. Untuk mengurangi risiko pada 8
kategori dengan tingkat risiko sangat tinggi, rekomendasi dibuat dengan menggunakan
framework engineering, education, dan enforcement (3E).