ABSTRAK Aulia Inatsan Ajriya Mumtaz
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
PT X adalah perusahaan teknologi yang menyediakan informasi mengenai lowongan kerja
untuk pekerja kerah biru. Dalam upaya meningkatkan retensi pengguna dan mencari dana
untuk perusahaan, dibuat suatu bisnis model yang dijalankan oleh Divisi Digital Services.
Bisnis model ini menggabungkan antara pemasaran afiliasi, crowdsourcing, dan gamifikasi.
Divisi Digital Services PT X bertindak sebagai perantara antara perusahaan lain dan
pengguna layanan PT X, mendapatkan komisi untuk memicu tindakan yang diinginkan dari
pengguna layanan, sambil juga memanfaatkan crowdsourcing dan gamifikasi untuk
mendorong keterlibatan pengguna layanan dalam tugas pemasaran afiliasi yang ditetapkan
oleh perusahaan lain. Namun, melihat tren pengerjaan tugas yang menurun, ditemukan
bahwa selama ini, pemasaran yang dilakukan Divisi Digital Services dilakukan tanpa
menggunakan targeting ataupun memahami perilaku pelanggan yang dimiliki. Dengan
demikian, akan dirancang sebuah model segmentasi pelanggan menggunakan teknik data
mining untuk membantu perusahaan memahami perilaku pelanggan dan meningkatkan
efektivitas strategi pemasaran yang berdasarkan data.
Proses perancangan model segmentasi pelanggan dilakukan berdasarkan nilai Customer
Lifetime Value (CLV), teknik data mining, dan metodologi CRISP-DM. Data pengguna
dikelompokkan berdasarkan model Recency, Frequency, Monetary (RFM) beserta variabel
tambahan berupa jumlah klik dan tingkat kesuksesan. Kemudian, dihitung nilai CLV
masing-masing pengguna berdasarkan weighted value variabel tersebut yang diperoleh
melalui pairwise comparison dan dilakukan analisis kluster dengan algoritme K-Means,
agglomerative clustering, GMM, BIRCH, dan algoritme genetika. Evaluasi hasil pemodelan
menunjukkan algoritme BIRCH memiliki keunggulan dari segi skor kualitas clustering
dibandingkan algoritme lainnya, sehingga dilakukan hyperparameter tuning yang
menghasilkan threshold sebesar 0,8 dan jumlah kluster sebanyak 3 dengan skor silhouette
sebesar 0,799. Hasil akhir dari metode ini berupa prototipe yang dirancang menggunakan
streamlit.