digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kalibrasi lokal persamaan International Roughness Index (IRI) metode Mechanistic-Empiric Pavement Design Guide (MEPDG), menganalisis prediksi IRI menggunakan metode MEPDG dan Indonesia Road Management System (IRMS), menentukan program pemeliharaan dari kedua metode, dan mengevaluasi penggunaan metode MEPDG sebagai alternatif prediksi IRI. Data yang dikumpulkan untuk proses analisis adalah data IRI awal, data lendutan, data tebal perkerasan, data lalu lintas, dan indeks plastisitas tanah dasar. Data yang dikumpulkan merupakan studi kasus pada Ruas Jalan Tol Pematang Panggang – Kayu Agung STA 294+000 sampai dengan 304+000). Kalibrasi lokal pada persamaan IRI metode MEPDG dilakukan dengan mencari nilai bias dan sum square error (SSE) paling kecil, kemudian dilakukan prediksi kerusakan-kerusakan permukaan jalan agar prediksi IRI dapat dilakukan kemudian. Sedangkan pada metode IRMS, nilai IRI didapat setelah analisis IRI kondisi permukaan dan struktural dilakukan. Selanjutnya, sebuah skenario pemeliharaan ditentukan untuk dapat dilakukan pemrograman pemeliharaan. Hasil penelitian menunjukkan nilai kalibrasi lokal persamaan IRI MEPDG adalah C1= 61,954, C2= 0,620, C3= 0,012, C4= 0,023, prediksi IRI MEPDG memiliki kenaikan IRI yang lebih lambat dari pada metode IRMS, program pemeliharaan berdasarkan prediksi IRI metode MEPDG memiliki biaya pemeliharaan yang lebih kecil daripada metode IRMS, dan prediksi IRI metode MEPDG dapat digunakan dengan beberapa hal yang perlu diperhatikan.