digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Klub Golf Bogor Raya sudah dua puluh tujuh tahun tidak melakukan revitalisasi lapangan, padahal para ahli merekomendasikan revitalisasi lapangan golf setiap dua puluh tahun sekali (Klub Golf Bogor Raya, 2023). Sedangkan untuk permainan, sebagian besar aktivitas dalam permainan yang bersifat krusial terjadi di kawasan Green, oleh karena itu kawasan Green akan menjadi fokus perhatian dalam studi tugas akhir ini. Tujuan Klub Golf Bogor Raya adalah mencapai 60.000 NOP (Number of Players) pada tahun 2023. Untuk itu, penulis melakukan kajian kepuasan pelanggan terhadap lapangan golf berdasarkan teori Servicescape khususnya area Hijau yang akan menjadi acuan Klub Golf Bogor Raya dalam mengeksekusi keputusan. untuk mencapai target NOP. Namun permasalahan metode penelitiannya perlu dilakukan validasi, oleh karena itu penulis melakukan triangulasi data. Penelitian ini dilakukan triangulasi dengan dua kumpulan data: survei kepuasan pelanggan Klub Golf Bogor Raya, dan wawancara para ahli. Hal ini bertujuan untuk menjawab asumsi bahwa Servicescape Kawasan Hijau Klub Golf Bogor Raya relevan dengan kepuasan pelanggan.