digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Perkembangan anak usia dini berada pada pertumbuhan yang dapat dianggap sebagai perubahan teratur, bertahap, dan berkelanjutan. Sebagai individu yang akan terus berkembang sejalan dengan pola dan tingkat perkembangan, otak anak akan tumbuh paling baik ketika dihadapkan pada berbagai rangsangan. Rangsangan pendidikan yang perlu dikuasai ialah keterampilan bantu diri atau self-help skill. Penelitian ini bertujuan untuk merancang koleksi pakaian yang sesuai untuk anak usia dini dari sisi keterampilan membantu diri dan memahami tema Astronomi terkait wawasan yang dimiliki anak. Penelitian ini menggunakan metode perancangan three stage design process, dengan mengacu pada problem definition and research, creative exploration, and implementation. Selain itu, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian classroom action research yang dilakukan dalam siklus planning, acting, observing, dan analysis. Untuk dapat mengujikan aspek bantu diri dan juga wawasan anak melalui koleksi pakaian yang dirancang, dilakukan pengujian terhadap sekelompok anak dengan usia yang diperlukan sebagai subjek penelitian yaitu 4-6 tahun dalam PAUD Bunda Ganesa, Kota Bandung, Jawa Barat. Keterampilan bantu diri berpakaian diuji pada koleksi pakaian anak yang terdapat alat pengencang seperti kancing, resleting, velcro, dan tali dengan tema Astronomi. Murid-murid PAUD Bunda Ganesa yang berada dalam rentang usia 4-6 tahun sebanyak 18 orang menjadi subjek dalam penelitian ini. Hasil analisis data menunjukan bahwa anak usia 5-6 tahun lebih menguasai keterampilan bantu diri berpakaian pada koleksi tema Astronomi, sedangkan tingkat kemampuan anak usia 4-5 tahun sampai tahapan pra-bantu diri.