Perkembangan anak usia dini berada pada pertumbuhan yang dapat dianggap sebagai perubahan
teratur, bertahap, dan berkelanjutan. Sebagai individu yang akan terus berkembang sejalan dengan
pola dan tingkat perkembangan, otak anak akan tumbuh paling baik ketika dihadapkan pada
berbagai rangsangan. Rangsangan pendidikan yang perlu dikuasai ialah keterampilan bantu diri
atau self-help skill. Penelitian ini bertujuan untuk merancang koleksi pakaian yang sesuai untuk
anak usia dini dari sisi keterampilan membantu diri dan memahami tema Astronomi terkait
wawasan yang dimiliki anak.
Penelitian ini menggunakan metode perancangan three stage design process, dengan mengacu
pada problem definition and research, creative exploration, and implementation. Selain itu,
metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian classroom action research
yang dilakukan dalam siklus planning, acting, observing, dan analysis. Untuk dapat mengujikan
aspek bantu diri dan juga wawasan anak melalui koleksi pakaian yang dirancang, dilakukan
pengujian terhadap sekelompok anak dengan usia yang diperlukan sebagai subjek penelitian yaitu
4-6 tahun dalam PAUD Bunda Ganesa, Kota Bandung, Jawa Barat. Keterampilan bantu diri
berpakaian diuji pada koleksi pakaian anak yang terdapat alat pengencang seperti kancing,
resleting, velcro, dan tali dengan tema Astronomi. Murid-murid PAUD Bunda Ganesa yang berada
dalam rentang usia 4-6 tahun sebanyak 18 orang menjadi subjek dalam penelitian ini. Hasil analisis
data menunjukan bahwa anak usia 5-6 tahun lebih menguasai keterampilan bantu diri berpakaian
pada koleksi tema Astronomi, sedangkan tingkat kemampuan anak usia 4-5 tahun sampai tahapan
pra-bantu diri.