digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Pelaku usaha pakaian kustom yang ranah usahanya membuat pakaian berdasarkan keinginan pembeli, tugas desainer custom menerjemahkan keinginan pembeli tersebut menjadi sebuah pakaian, batik komar adalah workshop batik namun juga membuka pembuatan pakaian berdasarkan pesanan. Studi awal pada batik komar menunjukkan sering terjadi salah tafsir pada pembeli pada saat pemesanan, yang sebenarnya dapat diatasi dengan memvisualisasikan pakaian secara realtime sehingga dapat membantu pembeli dalam membayangkan desain dengan simulasi desain fesyen tiga dimensi. Namun, belum diketahui bagaimana faktor kesesuaian, informatif, serta, penerimaan diidentifikasi pada simulasi desain fesyen virtual tiga dimensional, dan bagaimana wujud faktor kesesuaian, keinformatifan, serta penerimaan pada simulasi desain fesyen virtual tiga dimensional, dikarenakan ketiga faktor ini penting untuk konsumen atau target audiens memahami maupun menerima desain yang dibuat. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan atau pertimbangan pelaku usaha pakaian kustom untuk mengadaptasi simulasi desain fesyen tiga dimensional atau visualisasi tiga dimensi untuk merancang sebuah pakaian demi mengurangi salah tafsir pada kesesuaian serta penerimaan akan desain dalam persepsi pembeli, kemudian juga menjadi dasar peneliti lain untuk kajian lanjutan.