Tujuan Penelitian ini adalah untuk membuat proposal pengembangan Business
Model Canvas untuk Hujra Bank dalam memasuki industri Perbankan Usaha Kecil
dan Menengah (UKM). Dalam melakukan pengembangan Business Model Canvas,
secara berurutan dibutuhkan Analisa Internal melalui Resource-Based View
Analysis, VRIO Analysis; Analisa Eksternal melalui PESTLE Analysis, Porter’s
Five Forces Analysis; SWOT-TOWS Matrix; Customer Persona Analysis; dan
Value Proposition Canvas Analysis. Metode penelitian ini menggunakan Analisa
deskriptif kualitatif dengan para ahli industri dan konsumen yang dituju, didukung
oleh telaah literatur akademis dan teori yang telah mapan.
Hasil dari penelitian ini menerangkan kondisi industri Perbankan UKM yang
menarik di Indonesia. Melalui Perbankan UKM, Hujra Bank akan menghasilkan
revenue source yang baru serta lebih profitable. Penelitian ini juga menerangkan
beberapa produk dan layanan yang dibutuhkan oleh pelaku UKM antara lain cash
management system (CMS), sistem Open API, fasilitas pembiayaan syariah untuk
UKM, dan Networking & Knowledge Platform. Produk dan layanan tersebut akan
menghasilkan Value Proposition yaitu Brand Terbaik dalam Industri Teknologi
Finansial, Produk dan Teknologi perbankan syariah yang dapat diandalkan, Open
Banking, Perbankan sebagai konsultan bisnis syariah, dan Pengalaman Konsumen
yang Baik.
Melalui Value proposition tersebut, Hujra Bank akan meningkatkan kepercayaan
pengguna, mendapatkan sumber pendapatan baru melalui pembiayaan UKM
berbasis syariah, serta mengontrol resiko pinjaman yang diberikan kepada nasabah.
Penelitian ini berkontribusi dalam memberikan wawasan untuk Hujra Bank untuk
masuk ke dalam industri perbankan usaha kecil dan menengah, melalui penjelasan
komprehensif tentang lanskap industri dan elemen strategis yang krusial dalam
mendukung pertumbuhan yang berkelanjutan.