digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Muhammad Ananda Rahmat Fatah
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Muhammad Ananda Rahmat Fatah
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Muhammad Ananda Rahmat Fatah
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Muhammad Ananda Rahmat Fatah
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Muhammad Ananda Rahmat Fatah
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 5 Muhammad Ananda Rahmat Fatah
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Muhammad Ananda Rahmat Fatah
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

Tujuan Penelitian ini adalah untuk membuat proposal pengembangan Business Model Canvas untuk Hujra Bank dalam memasuki industri Perbankan Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Dalam melakukan pengembangan Business Model Canvas, secara berurutan dibutuhkan Analisa Internal melalui Resource-Based View Analysis, VRIO Analysis; Analisa Eksternal melalui PESTLE Analysis, Porter’s Five Forces Analysis; SWOT-TOWS Matrix; Customer Persona Analysis; dan Value Proposition Canvas Analysis. Metode penelitian ini menggunakan Analisa deskriptif kualitatif dengan para ahli industri dan konsumen yang dituju, didukung oleh telaah literatur akademis dan teori yang telah mapan. Hasil dari penelitian ini menerangkan kondisi industri Perbankan UKM yang menarik di Indonesia. Melalui Perbankan UKM, Hujra Bank akan menghasilkan revenue source yang baru serta lebih profitable. Penelitian ini juga menerangkan beberapa produk dan layanan yang dibutuhkan oleh pelaku UKM antara lain cash management system (CMS), sistem Open API, fasilitas pembiayaan syariah untuk UKM, dan Networking & Knowledge Platform. Produk dan layanan tersebut akan menghasilkan Value Proposition yaitu Brand Terbaik dalam Industri Teknologi Finansial, Produk dan Teknologi perbankan syariah yang dapat diandalkan, Open Banking, Perbankan sebagai konsultan bisnis syariah, dan Pengalaman Konsumen yang Baik. Melalui Value proposition tersebut, Hujra Bank akan meningkatkan kepercayaan pengguna, mendapatkan sumber pendapatan baru melalui pembiayaan UKM berbasis syariah, serta mengontrol resiko pinjaman yang diberikan kepada nasabah. Penelitian ini berkontribusi dalam memberikan wawasan untuk Hujra Bank untuk masuk ke dalam industri perbankan usaha kecil dan menengah, melalui penjelasan komprehensif tentang lanskap industri dan elemen strategis yang krusial dalam mendukung pertumbuhan yang berkelanjutan.