Tantangan besar muncul untuk Rosemary (sebuah bank digital di pasar Indonesia) dalam hal
mempertahankan interaksi dan loyalitas penggunanya. Active Rate, salah satu metrik bisnis
pada bank mengalami penurunan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Pada
penelitian ini, digunakan kombinasi antara pengambilan dan analisa data kualitatif, dan data
internal dari Rosemary. Wawancara dilakukan terhadap beberapa nasabah untuk mengetahui
persepsi mereka terhadap penggunaan produk Rosemary. Selain itu, program loyalti yang
ditawarkan Rosemary saat ini juga dianalisa berdasarkan beberapa teori program loyalti dari
beberapa penelitian yang sudah ada. Dari Analisa yang dilakukan, diketahui bahwa program
loyalti yang saat ini ditawarkan belum memenuhi kebutuhan dan gaya pemakaian nasabah
Rosemary. Pada riset ini, diajukan sebuah Loyalty Program yang bertujuan untuk
meningkatkan aktivitas nasabah secara organic dengan menawarkan program leveling, poin,
dan juga badges. Penulis juga mengajukan perubahan pada elemen Loyalty Program yang
belum mempertimbangkan sisi strategi bisnis saat pertama kali dikembangkan.Ketika
diimplementasi pada bisnis, program ini diharapkan akan meningkatkan aktivitas nasabah dan
juga berdampak positif pada profitabilitas bank.