digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Virgine Ayu Octarika I C
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Virgine Ayu Octarika I C
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Virgine Ayu Octarika I C
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Virgine Ayu Octarika I C
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Virgine Ayu Octarika I C
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 5 Virgine Ayu Octarika I C
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Virgine Ayu Octarika I C
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

Pandemi COVID-19 menyebabkan terjadinya periode ketidakstabilan keuangan dan operasional yang belum pernah dialami sebelumnya. Hal ini memiliki dampak signifikan pada industri pemeliharaan, perbaikan, dan pemeriksaan pesawat terbang (MRO). Untuk perusahaan MRO, mempersiapkan upaya pemulihan yang sukses dari dampak pandemi adalah tantangan bisnis yang paling mendesak saat ini. Persaingan di antara MRO untuk mendapatkan pangsa pasar menjadi kompetitif, dan untuk kembali menuju kinerja sebelum pandemi masih menjadi tantangan tersendiri. Industri paska pandemi telah bertransformasi sehingga membutuhkan perubahan atas strategi konvensional. Perilaku yang berkembang dari produsen, pemasok, pelanggan, dan pesaing menuntut pelaku industri untuk beradaptasi secara proaktif. Fungsi pemasaran memainkan peran penting dalam mengatasi tantangan ini dan mengelola interaksi dan hubungan antara MRO dan pelanggan. Persoalan bisnis yang dihadapi GMF adalah bagaimana mencapai target pendapatan dan kembali mencapai kinerja sebelum pandemi. Analisis internal dan eksternal yang komprehensif diperlukan. Data dan informasi dianalisis menggunakan beberapa kerangka kerja seperti VRIO, Porter’s Value Chain, STP, dan Marketing Mix untuk mengevaluasi kapabilitas internal perusahaan dan keunggulan kompetitif, sedangkan PESTEL, Porter’s Five Forces, Customer Analysis, dan Competitor Analysis digunakan untuk memberikan wawasan lingkungan makro, kekuatan pasar, perilaku pelanggan, dan pesaing industri. Mengintegrasikan temuan-temuan tersebut menggunakan kerangka SWOT dan TOWS membantu GMF dalam merumuskan strategi bisnis dan pemasaran yang tepat untuk fokus pada segmen pasar dengan potensi nilai dan profitabilitas yang signifikan serta meningkatkan penjualan dengan menciptakan penawaran inovatif untuk setiap elemen dalam Marketing Mix. Inisiatif quick win sangat penting diidentifikasi dengan menjabarkan strategi ke dalam rencana implementasi untuk mencapai hasil optimal dengan sumber daya yang terbatas saat ini.