COVER Virgine Ayu Octarika I C
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza BAB 1 Virgine Ayu Octarika I C
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza BAB 2 Virgine Ayu Octarika I C
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza BAB 3 Virgine Ayu Octarika I C
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza BAB 4 Virgine Ayu Octarika I C
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza BAB 5 Virgine Ayu Octarika I C
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza PUSTAKA Virgine Ayu Octarika I C
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza
Pandemi COVID-19 menyebabkan terjadinya periode ketidakstabilan keuangan
dan operasional yang belum pernah dialami sebelumnya. Hal ini memiliki dampak
signifikan pada industri pemeliharaan, perbaikan, dan pemeriksaan pesawat terbang
(MRO). Untuk perusahaan MRO, mempersiapkan upaya pemulihan yang sukses
dari dampak pandemi adalah tantangan bisnis yang paling mendesak saat ini.
Persaingan di antara MRO untuk mendapatkan pangsa pasar menjadi kompetitif,
dan untuk kembali menuju kinerja sebelum pandemi masih menjadi tantangan
tersendiri. Industri paska pandemi telah bertransformasi sehingga membutuhkan
perubahan atas strategi konvensional. Perilaku yang berkembang dari produsen,
pemasok, pelanggan, dan pesaing menuntut pelaku industri untuk beradaptasi
secara proaktif. Fungsi pemasaran memainkan peran penting dalam mengatasi
tantangan ini dan mengelola interaksi dan hubungan antara MRO dan pelanggan.
Persoalan bisnis yang dihadapi GMF adalah bagaimana mencapai target pendapatan
dan kembali mencapai kinerja sebelum pandemi. Analisis internal dan eksternal
yang komprehensif diperlukan. Data dan informasi dianalisis menggunakan
beberapa kerangka kerja seperti VRIO, Porter’s Value Chain, STP, dan Marketing
Mix untuk mengevaluasi kapabilitas internal perusahaan dan keunggulan
kompetitif, sedangkan PESTEL, Porter’s Five Forces, Customer Analysis, dan
Competitor Analysis digunakan untuk memberikan wawasan lingkungan makro,
kekuatan pasar, perilaku pelanggan, dan pesaing industri. Mengintegrasikan
temuan-temuan tersebut menggunakan kerangka SWOT dan TOWS membantu
GMF dalam merumuskan strategi bisnis dan pemasaran yang tepat untuk fokus
pada segmen pasar dengan potensi nilai dan profitabilitas yang signifikan serta
meningkatkan penjualan dengan menciptakan penawaran inovatif untuk setiap
elemen dalam Marketing Mix. Inisiatif quick win sangat penting diidentifikasi
dengan menjabarkan strategi ke dalam rencana implementasi untuk mencapai hasil
optimal dengan sumber daya yang terbatas saat ini.