digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Erlangga Yudha Pratama
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Erlangga Yudha Pratama
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Erlangga Yudha Pratama
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Erlangga Yudha Pratama
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Erlangga Yudha Pratama
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 5 Erlangga Yudha Pratama
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Erlangga Yudha Pratama
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

Kedai Bang Ben masih berusaha untuk mencapai target pendapatan yang sudah ditentukan. Mereka telah melakukan beberapa upaya untuk mendongkrak pendapatan dengan kampanye pemasaran, memperkenalkan menu baru, dan meningkatkan fasilitas di restoran namun masih belum berhasil. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan di Kedai Bang Ben dengan menggunakan model SERVQUAL. Penelitian ini mengeksplorasi persepsi pelanggan, dinamika operasional, dan dampak pemasaran terhadap pendapatan. Kuesioner SERVQUAL disebarkan dengan tujuan untuk menginterpretasikan kepuasan pelanggan dan mencari tahu dimensi apa yang perlu ditingkatkan dengan menggunakan metode IPA (Importance Performance Analysis). Pengeluaran pemasaran dianalisis menggunakan ROI Pemasaran (Return of Investment) untuk menentukan strategi pemasaran apa yang paling cocok untuk meningkatkan pendapatan. Metode kuantitatif deskriptif digunakan dalam penelitian ini. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan atau pengunjung restoran Kedai Bang Ben. Kuesioner disebarkan kepada 70 pelanggan pada tanggal 20 November hingga 2 Desember 2023. Kinerja kualitas layanan Kedai Bang Ben dievaluasi menggunakan model SERVQUAL. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa meskipun kualitas layanan Kedai Bang Ben memiliki kinerja yang baik, ternyata masih ada banyak hal yang perlu ditingkatkan. Selain itu, beberapa kampanye pemasaran dapat dilakukan kembali karena memberikan ROI pemasaran yang baik.