Minat masyarakat Indonesia terhadap Online Travel Agent (OTA) tergolong tinggi, meskipun mengalami penurunan pada tahun 2019 hingga 2021 akibat pandemi. Masih banyak masyarakat yang memilih menggunakan Online Travel Agent (OTA) karena memberikan kemudahan dan kenyamanan. Namun di Indonesia, persaingan cukup ketat dan Pegipegi perlu melakukan inovasi produk dan layanan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan daya saing produk dan layanan Pegipegi. Sehingga membuat Pegipegi memiliki daya saing terkadap competitor lainnya. Kerangka Ilmiah yaitu Inovasi Digital dan SERVQUAL digunakan untuk menganalisis masalah dan mengidentifikasi akar permasalahannya. Produk dan layanan Pegipegi dinilai perlu dikembangkan dan ditingkatkan karena seluruh indikator berada pada kriteria rendah.
Rekomendasi bagi perusahaan adalah melakukan inovasi dan peningkatan Produk dan Layanan Pegipegi. Inovasi Produk dapat dilakukan dengan menciptakan produk baru dengan teknologi canggih, seperti Gamifikasi, Saluran Media Milik Pegipegi, dan Peningkatan Pengalaman Pengguna. Selain itu, untuk Layanan dapat dilakukan dengan menggabungkan teknologi seperti melibatkan ChatGPT dalam pekerjaan sehari-hari dan juga layanan pelanggan yang terlatih.