2024 TA PP ZALFA HANIFA 1.pdf
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Lontar (Borassus flabellifer Linn.) adalah tanaman Gymnospermae, berbiji
tunggal (monokotil) dari ordo Arecales, famili Palmae (Arecaceae), dan genus
Borassus. Spesies ini tersebar di berbagai daerah di Indonesia, terutama di Jawa,
Madura, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Nusa Tenggara Timur (NTT).
Produk berbasis lontar digunakan dalam kegiatan sehari-hari seperti memasak,
bercocok tanam, berjualan, kegiatan keagamaan, dan upacara adat. Selama
beberapa tahun terakhir, anyaman lontar di Flores Timur mengalami
perkembangan pesat dalam berbagai aspek. Produk lontar yang dulunya
dipasarkan di pasar-pasar tradisional atau dipikul dari rumah ke rumah, kini dijual
secara eksklusif ke pasar nasional dan internasional. Fenomena ini menciptakan
kebiasaan dan kondisi baru yang secara signifikan mempengaruhi masyarakat
lokal selama kegiatan industri berlangsung. Penelitian ini dilakukan untuk
menganalisis dinamika yang muncul di masyarakat dan merumuskan tahapan
eksplorasi lebih lanjut dengan mempertimbangkan kapasitas, kebutuhan, bahan
baku, dan memaksimalkan potensi di pasar industri modern. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode campuran yang merupakan
penelitian kualitatif berbasis eksplorasi dan eksperimen material sederhana,
dilanjutkan dengan observasi lapangan di tiga desa di Flores Timur. Lokasi
penelitian ditentukan berdasarkan banyaknya perempuan di desa-desa di Flores
Timur yang bekerja sebagai pengrajin daun lontar, baik sebagai pekerjaan utama
maupun pekerjaan sampingan sambil bertani. Data primer dan sekunder diperoleh
dari wawancara dengan responden yang merupakan anggota komunitas pengrajin
anyaman dan studi literatur. Hasil dari penelitian ini adalah kajian sistem
produksi, kajian mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan
produk material lontar dan dampaknya bagi masyarakat lokal, serta kajian tahapan
dalam pembuatan prototipe produk kolaborasi dengan komunitas. Penelitian ini
juga bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai pertumbuhan komunitas
lokal di Indonesia dan bagaimana mereka dapat bekerja sama dengan pihak lain di
luar daerahnya untuk memasuki pasar industri.