PT. MITRA SEJATI adalah sebuah perusahaan dibawah naungan Triputra grup dimana
perusahaan ini fokus pada industri komponen otomotif baik itu motor maupun mobil. Saat
ini dunia otomotif sedang dalam berlomba untuk menjadi nomor satu dalam teknologi
maupun kendaraan listrik seperti Tesla, Toyota dan BMW. Perusahaan mobil di Indonesia
seperti Toyota, Daihatsu, Honda, Wuling, Hyundai dan lainnya juga sudah masuk untuk
memulai tren tersebut. Tren tersebut sendiri dapat menjadi peluang maupun ancaman
untuk perusahaan komponen otomotif di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk
mencari, menganalisa dan memberikan strategi korporat untuk meyakinkan bahwa
perusahaan dapat bertahan dan bertumbuh ketika transisi ke kendaraan listrik. Metode
yang digunakan adalah Industrial Organization Model (I/O) dimana I/O menganalisa
kondisi eksternal dimana sangat berdampak kepada keputusan stratejik perusahaan.
Kerangka penelitian yang dilakukan adalah menganalisa perilaku konsumen, lingkungan
eksternal, kondisi industry dan kondisi kompetitor untuk mengetahui apakah industri yang
akan dipilih menarik. Tahap selanjutnya adalah membuat strategi dan mempersiapkan
kebutuhan aset dan kemampuan untuk membuat strategi berjalan dengan lancar. Strategi
yang diberikan kepada PT. MITRA SEJATI dalam penelitian ini adalah strategi
diferensiasi dimana fokus pada penjualan produk yang unik dimana kompetitor belum
mempunyai produk tersebut. Kompetensi inti yang dibutuhkan untuk strategi ini adalah
aliansi strategis. Untuk lebih lanjut, perusahaan harus dapat melakukan aktivitas rantai
nilai dimana terdapat aktivitas inti dan aktivitas sekunder.