digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Sida Smarta Endi Perkasa
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Sida Smarta Endi Perkasa
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Sida Smarta Endi Perkasa
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Sida Smarta Endi Perkasa
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Sida Smarta Endi Perkasa
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 5 Sida Smarta Endi Perkasa
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Sida Smarta Endi Perkasa
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

PT. MITRA SEJATI adalah sebuah perusahaan dibawah naungan Triputra grup dimana perusahaan ini fokus pada industri komponen otomotif baik itu motor maupun mobil. Saat ini dunia otomotif sedang dalam berlomba untuk menjadi nomor satu dalam teknologi maupun kendaraan listrik seperti Tesla, Toyota dan BMW. Perusahaan mobil di Indonesia seperti Toyota, Daihatsu, Honda, Wuling, Hyundai dan lainnya juga sudah masuk untuk memulai tren tersebut. Tren tersebut sendiri dapat menjadi peluang maupun ancaman untuk perusahaan komponen otomotif di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mencari, menganalisa dan memberikan strategi korporat untuk meyakinkan bahwa perusahaan dapat bertahan dan bertumbuh ketika transisi ke kendaraan listrik. Metode yang digunakan adalah Industrial Organization Model (I/O) dimana I/O menganalisa kondisi eksternal dimana sangat berdampak kepada keputusan stratejik perusahaan. Kerangka penelitian yang dilakukan adalah menganalisa perilaku konsumen, lingkungan eksternal, kondisi industry dan kondisi kompetitor untuk mengetahui apakah industri yang akan dipilih menarik. Tahap selanjutnya adalah membuat strategi dan mempersiapkan kebutuhan aset dan kemampuan untuk membuat strategi berjalan dengan lancar. Strategi yang diberikan kepada PT. MITRA SEJATI dalam penelitian ini adalah strategi diferensiasi dimana fokus pada penjualan produk yang unik dimana kompetitor belum mempunyai produk tersebut. Kompetensi inti yang dibutuhkan untuk strategi ini adalah aliansi strategis. Untuk lebih lanjut, perusahaan harus dapat melakukan aktivitas rantai nilai dimana terdapat aktivitas inti dan aktivitas sekunder.