digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Alya Fasy
PUBLIC Alice Diniarti

PT Inovasi Teknologi Balon (Inotek Balon) merupakan badan usaha milik swasta yang bergerak di sektor periklanan dengan bidang usaha balon promosi. Berdasarkan data perusahaan pada tahun 2019 dan 2020, perusahaan mengalami penurunan signifikan pada performa bisnisnya sebagai akibat dari ketidakstabilan yang ditimbulkan pandemi Covid-19. Penurunan performa tersebut berupa penurunan revenue perusahaan mencapai 80% dari tahun 2019 ke tahun 2020. Studi literatur yang dilakukan menunjukkan bahwa dapat dilakukan penelitian manajemen strategis dengan memformulasikan strategi untuk menjadi solusi dari masalah tersebut. Selain itu, juga ditemukan bahwa perusahaan belum memiliki visi, misi, dan strategi. Oleh karena itu, dilakukan penelitian dengan Model Manajemen Strategis dari Wheelen, dkk (2018) dan Kerangka Kerja Analitikal Perumusan Strategi dari David & David (2017) yang meliputi pemindaian lingkungan, perumusan visi, perumusan misi, perumusan objektif, dan perumusan strategi. Hasil dari penelitian adalah tiga strategi. Strategi-strategi tersebut adalah strategi untuk pemanfaatan lokasi pabrik baru dan integrasi ke belakang untuk pengembangan produk, strategi untuk membuat divisi membuat dan menjalankan sistem pengelolaan pelanggan untuk penetrasi pasar dan pengembangan pasar, serta strategi untuk memanfaatkan perkembangan teknologi dan integrasi ke depan untuk pengembangan produk.