PT Inovasi Teknologi Balon (Inotek Balon) merupakan badan usaha milik swasta
yang bergerak di sektor periklanan dengan bidang usaha balon promosi.
Berdasarkan data perusahaan pada tahun 2019 dan 2020, perusahaan mengalami
penurunan signifikan pada performa bisnisnya sebagai akibat dari ketidakstabilan
yang ditimbulkan pandemi Covid-19. Penurunan performa tersebut berupa
penurunan revenue perusahaan mencapai 80% dari tahun 2019 ke tahun 2020. Studi
literatur yang dilakukan menunjukkan bahwa dapat dilakukan penelitian
manajemen strategis dengan memformulasikan strategi untuk menjadi solusi dari
masalah tersebut.
Selain itu, juga ditemukan bahwa perusahaan belum memiliki visi, misi, dan
strategi. Oleh karena itu, dilakukan penelitian dengan Model Manajemen Strategis
dari Wheelen, dkk (2018) dan Kerangka Kerja Analitikal Perumusan Strategi dari
David & David (2017) yang meliputi pemindaian lingkungan, perumusan visi,
perumusan misi, perumusan objektif, dan perumusan strategi.
Hasil dari penelitian adalah tiga strategi. Strategi-strategi tersebut adalah strategi
untuk pemanfaatan lokasi pabrik baru dan integrasi ke belakang untuk
pengembangan produk, strategi untuk membuat divisi membuat dan menjalankan
sistem pengelolaan pelanggan untuk penetrasi pasar dan pengembangan pasar, serta
strategi untuk memanfaatkan perkembangan teknologi dan integrasi ke depan untuk
pengembangan produk.