digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Nadya Andhany
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Nadya Andhany
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Nadya Andhany
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Nadya Andhany
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Nadya Andhany
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 5 Nadya Andhany
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Nadya Andhany
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

Dewasa ini, memiliki Employer Branding yang solid adalah hal yang penting bagi setiap perusahaan. Ambler & Barrow pada tahun 1996 mendefinisikan Employer Branding sebagai proses membangun dan mempromosikan reputasi perusahaan sebagai tempat bekerja. Sementara Ilyas et al., pada tahun 2020 menyatakan bahwa Employer Branding memiliki hubungan positif yang kuat dengan Loyalitas Karyawan (Employee Loyalty), yang merupakan ukuran sejauh mana karyawan berkomitmen terhadap organisasi dan tujuannya. Ketika sebuah bisnis melalui merger, Loyalitas Karyawan menjadi faktor penting dalam memastikan produktivitas perusahaan. Merger adalah hal yang dilalui oleh PT Pelindo Terminal Petikemas dan beberapa perusahaan BUMN di Indonesia lainnya dalam beberapa tahun terakhir. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi aspek-aspek spesifik dari Employer Branding yang dapat diprioritaskan oleh PT Pelindo Terminal Petikemas untuk meningkatkan Loyalitas Karyawan. Metodologi yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan analisis korelasi sebagai model statistik, namun, data kualitatif tambahan juga dikumpulkan dan dianalisis. Data primer dikumpulkan melalui kuesioner online kepada karyawan PT Pelindo Terminal Petikemas. Studi ini kemudian menyimpulkan bahwa Employer Branding dan Loyalitas Karyawan memiliki korelasi positif yang signifikan yang kuat. Selain itu, juga ditemukan bahwa dimensi Employer Branding dengan korelasi terkuat dengan Loyalitas Karyawan adalah budaya organisasi, etika dan tanggung jawab sosial perusahaan, dan keragaman (Diversity). PT Pelindo Terminal Petikemas dapat berfokus pada peningkatan budaya organisasi, etika dan tanggung jawab sosial perusahaan, dan aspek keragaman merek dagang untuk meningkatkan Loyalitas Karyawan. Penelitian ini juga memberikan solusi yang dapat dilakukan untuk PT Pelindo Terminal Petikemas untuk lebih memperkuat Employer Branding dan meningkatkan Loyalitas Karyawan.