Jumlah BUMN dari tahun ke tahun terus berkurang sejak Kementerian BUMN
melakukan perampingan dan konsolidasi dengan tujuan untuk memaksimalkan
kinerja perusahaan. Tidak hanya perampingan, BUMN juga melakukan
perombakan kebijakan secara signifikan dalam upaya mengembalikan citra BUMN
dan dalam upaya membangun kualitas sumber daya manusia melalui employer
branding dan Employee Proposition Value. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh employer branding dan employee value proposition terhadap
intention to apply for State Own Enterprise melalui Online Recruitment.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner terhadap 180
generasi Z yang dipilih melalui purporsive sampling. Teknik analisa data dilakukan
dengan menggunakan Partial least squares structural equation modeling (PLSSEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Employer Branding
terhadap Online Recruitment pada BUMN. Terdapat pengaruh Employee Value
Proposition terhadap Rekrutmen Online pada BUMN. Tidak terdapat pengaruh
antara Employer Branding terhadap Niat Melamar Pekerjaan pada BUMN.
Terdapat pengaruh Employee Value Proposition terhadap Niat Melamar Pekerjaan
pada BUMN. Rekrutmen online mampu mengintervensi pengaruh Employer
Branding terhadap niat melamar. Rekrutmen Online mampu mengintervensi
pengaruh Employee Value Proposition terhadap niat melamar pekerjaan pada
BUMN.