digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Apsari Marsha Saraswati
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Apsari Marsha Saraswati
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Apsari Marsha Saraswati
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Apsari Marsha Saraswati
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Apsari Marsha Saraswati
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 5 Apsari Marsha Saraswati
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Apsari Marsha Saraswati
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

Jumlah BUMN dari tahun ke tahun terus berkurang sejak Kementerian BUMN melakukan perampingan dan konsolidasi dengan tujuan untuk memaksimalkan kinerja perusahaan. Tidak hanya perampingan, BUMN juga melakukan perombakan kebijakan secara signifikan dalam upaya mengembalikan citra BUMN dan dalam upaya membangun kualitas sumber daya manusia melalui employer branding dan Employee Proposition Value. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh employer branding dan employee value proposition terhadap intention to apply for State Own Enterprise melalui Online Recruitment. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner terhadap 180 generasi Z yang dipilih melalui purporsive sampling. Teknik analisa data dilakukan dengan menggunakan Partial least squares structural equation modeling (PLSSEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Employer Branding terhadap Online Recruitment pada BUMN. Terdapat pengaruh Employee Value Proposition terhadap Rekrutmen Online pada BUMN. Tidak terdapat pengaruh antara Employer Branding terhadap Niat Melamar Pekerjaan pada BUMN. Terdapat pengaruh Employee Value Proposition terhadap Niat Melamar Pekerjaan pada BUMN. Rekrutmen online mampu mengintervensi pengaruh Employer Branding terhadap niat melamar. Rekrutmen Online mampu mengintervensi pengaruh Employee Value Proposition terhadap niat melamar pekerjaan pada BUMN.