digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Fabiola C. Widianindya
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Fabiola C. Widianindya
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Fabiola C. Widianindya
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Fabiola C. Widianindya
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Fabiola C. Widianindya
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 5 Fabiola C. Widianindya
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Fabiola C. Widianindya
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

Indonesia memiliki ukuran pasar yang kecil untuk industri minuman beralkohol karena mayoritas penduduk Indonesia adalah Muslim. Namun, beberapa data menunjukkan bahwa tingkat konsumsi minuman beralkohol di Indonesia akan terus meningkat dalam tiga tahun kedepan. DORIA merupakan salah satu perusahaan multinasional yang mendominasi pasar global untuk produk minuman beralkohol. Perusahaan ini memiliki rencana unntuk memperluas bisnis mereka di Indonesia dengan mengurus izin untuk menjadi perusahan produsen lokal minuman beralkohol. Namun karena kondisi politik dan sosial yang terjadi di Indonesia, DORIA menghadapi beberapa kesulitan dalam memperoleh status hukum sebagai produsen lokal minuman beralkohol. Hanya terdapat sedikit literatur yang membahas tentang industri minuman beralkohol di Indonesia. Maka, riset ini akan memberikan referensi untuk Perusahaan minuman beralkohol untuk membantu mereka membuat strategi bisnis sesuai dengan skenario yang mungkin terjadi pada tiga tahun mendatang menggunakan metode Perencanaan Skenario. Data yang digunakan dalam riset ini dikumpulkan melalui wawancara dan studi literatur. Dengan melihat skenario yang mungkin terjadi, rangkain strategi bisnis dapat dirumuskan.