Indonesia memiliki ukuran pasar yang kecil untuk industri minuman beralkohol
karena mayoritas penduduk Indonesia adalah Muslim. Namun, beberapa data
menunjukkan bahwa tingkat konsumsi minuman beralkohol di Indonesia akan terus
meningkat dalam tiga tahun kedepan. DORIA merupakan salah satu perusahaan
multinasional yang mendominasi pasar global untuk produk minuman beralkohol.
Perusahaan ini memiliki rencana unntuk memperluas bisnis mereka di Indonesia dengan
mengurus izin untuk menjadi perusahan produsen lokal minuman beralkohol. Namun
karena kondisi politik dan sosial yang terjadi di Indonesia, DORIA menghadapi beberapa
kesulitan dalam memperoleh status hukum sebagai produsen lokal minuman beralkohol.
Hanya terdapat sedikit literatur yang membahas tentang industri minuman
beralkohol di Indonesia. Maka, riset ini akan memberikan referensi untuk Perusahaan
minuman beralkohol untuk membantu mereka membuat strategi bisnis sesuai dengan
skenario yang mungkin terjadi pada tiga tahun mendatang menggunakan metode
Perencanaan Skenario. Data yang digunakan dalam riset ini dikumpulkan melalui
wawancara dan studi literatur. Dengan melihat skenario yang mungkin terjadi, rangkain
strategi bisnis dapat dirumuskan.