digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Vania Nuraini Latifah
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Vania Nuraini Latifah
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Vania Nuraini Latifah
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Vania Nuraini Latifah
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Vania Nuraini Latifah
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 5 Vania Nuraini Latifah
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Vania Nuraini Latifah
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

Daging ayam merupakan konsumsi per kapita terbesar di Indonesia dibandingkan daging lainnya seperti daging sapi dan babi. Jumlah konsumsi ayam yang besar membuat bisnis industri ayam semakin menarik, namun dalam beternak ayam, para peternak seringkali menghadapi beberapa permasalahan seperti rendahnya efisiensi peternakan karena banyaknya ayam yang mati, kesulitan dalam mengatur operasional peternakan & harus berada di kandang 24/ 7 dan jika tidak, banyak masalah akan muncul. Oleh karena itu, Pitik membuat dan meluncurkan smart controller untuk mengontrol kondisi kandang dengan konfigurasi pengaturan yang dapat dikontrol dari jarak jauh dan on-farm. Untuk membuat strategi pemasaran untuk melakukan penetrasi produk smart controller, penelitian ini akan menganalisis kondisi internal dan eksternal menggunakan VRIO, Competitor Analysis, dan Porter's Five Forces. Untuk menentukan pemilihan pasar (Segmentasi, Targeting pasar dan Product positioning) dan bauran pasar menggunakan smart controller 4P (Product, Price, Place/Distribution, Promotion), kami menggunakan metode tanya jawab dengan mewawancarai 8 petani di Area Jawa Barat dan menggunakan metode axial coding untuk menganalisis data. Hasil dari penelitian ini adalah Pitik akan menciptakan produk yang dapat memenuhi kebutuhan peternak dan berbeda dengan produk lain yang ada di pasaran. Skema harga yang ditawarkan tidak membebani peternak dan menarik untuk peternak, oleh karena itu kami menawarkan tidak hanya satu skema yaitu hanya dapat melakukan pembelian produk tetapi juga metode berlangganan bagi peternak yang belum pernah menggunakan produk tersebut sebelumnya. Menggunakan komunikasi pemasaran 360 untuk mencakup semua jenis petani, komunikasi secara offline akan diterapkan hanya pada perkenalan pertama dan selanjutnya menggunakan komunikasi online untuk menjaga dan mengingatkan peternak tentang cara menggunakan aplikasi dan mendapatkan pelanggan baru. Untuk mendapatkan pelanggan baru, kami menawarkan program cashback dan referral.