COVER Dany Destyawan Anwar
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza BAB 1 Dany Destyawan Anwar
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza BAB 2 Dany Destyawan Anwar
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza BAB 3 Dany Destyawan Anwar
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza BAB 4 Dany Destyawan Anwar
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza BAB 5 Dany Destyawan Anwar
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza PUSTAKA Dany Destyawan Anwar
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza
Pentingnya air di sektor energi terus menjadi sorotan, melampaui kebutuhan air
sebagai sumber makanan untuk kehidupan yang termasuk menjadi bagian penting
dari banyak operasi industri, termasuk pendinginan dan berfungsi sebagai cairan
proses. Air sangat penting untuk operasional banyak industri, termasuk
pengolahan gas dan pupuk. Akibatnya, perusahaan perawatan air internasional
menghadapi persaingan pasar yang luar biasa karena permintaan yang meningkat.
Pandemi memiliki efek yang signifikan pada Ecolab, dan pada tahun 2020,
perusahaan melaporkan keuntungan negatif pertamanya. Ecolab secara terus
menerus menciptakan dan melaksanakan rencana pemasaran untuk meningkatkan
profitabilitas dalam menghadapi perubahan dinamika pasar dan industri sebagai
tanggapan terhadaplangkah untuk menangani masalah ini. Environmental Return
on Investment (eROI) adalah salah satu strategi kampanye pemasaran mereka
untuk memecahkan masalah ini dengan deliver value kepada pelanggan. Namun,
strategi pemasaran belum memiliki dampak singinfikan pada Ecolab.
Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, yang
melibatkan pengumpulan data dari pengamatan langsung, wawancara dengan
responden, data internal dan laporan lainnya yang digunakan sebagai referensi.
Analisis, baik internal (STP & VRIO) dan external (PESTEL, Porter’s 5 forces,
Competitor analysis and Consumer Analysis), dilakukan untuk menentukan potensi
perusahaan dan bagaimana itu dapat dimanfaatkan untuk keuntungan Ecolab.
Penelitian ini menunjukkan bahwa eROI masih merupakan strategi pemasaran
yang kuat yang sesuai dengan sumber daya bisnis dan permintaan pasar. Namun
kegiatan dan eksekusi belum berfungsi secara keseluruhan; oleh karena itu, eROI
masih memberikan dampak yang sedikit pada perusahaan. Berdasarkan
pertimbangan ini, Ecolab harus memanfaatkan eROI dalam kampanye pemasaran
mereka untuk memberikan nilai bagi pelanggan dan dampak keuntungan bagi
perusahaan. Perusahaan juga harus memperbaiki kegiatan penunjang seperti
pelatihan teknis, penyesuaian supply chain dan dukungan Marketing.