digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Dany Destyawan Anwar
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Dany Destyawan Anwar
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Dany Destyawan Anwar
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Dany Destyawan Anwar
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Dany Destyawan Anwar
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 5 Dany Destyawan Anwar
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Dany Destyawan Anwar
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

Pentingnya air di sektor energi terus menjadi sorotan, melampaui kebutuhan air sebagai sumber makanan untuk kehidupan yang termasuk menjadi bagian penting dari banyak operasi industri, termasuk pendinginan dan berfungsi sebagai cairan proses. Air sangat penting untuk operasional banyak industri, termasuk pengolahan gas dan pupuk. Akibatnya, perusahaan perawatan air internasional menghadapi persaingan pasar yang luar biasa karena permintaan yang meningkat. Pandemi memiliki efek yang signifikan pada Ecolab, dan pada tahun 2020, perusahaan melaporkan keuntungan negatif pertamanya. Ecolab secara terus menerus menciptakan dan melaksanakan rencana pemasaran untuk meningkatkan profitabilitas dalam menghadapi perubahan dinamika pasar dan industri sebagai tanggapan terhadaplangkah untuk menangani masalah ini. Environmental Return on Investment (eROI) adalah salah satu strategi kampanye pemasaran mereka untuk memecahkan masalah ini dengan deliver value kepada pelanggan. Namun, strategi pemasaran belum memiliki dampak singinfikan pada Ecolab. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, yang melibatkan pengumpulan data dari pengamatan langsung, wawancara dengan responden, data internal dan laporan lainnya yang digunakan sebagai referensi. Analisis, baik internal (STP & VRIO) dan external (PESTEL, Porter’s 5 forces, Competitor analysis and Consumer Analysis), dilakukan untuk menentukan potensi perusahaan dan bagaimana itu dapat dimanfaatkan untuk keuntungan Ecolab. Penelitian ini menunjukkan bahwa eROI masih merupakan strategi pemasaran yang kuat yang sesuai dengan sumber daya bisnis dan permintaan pasar. Namun kegiatan dan eksekusi belum berfungsi secara keseluruhan; oleh karena itu, eROI masih memberikan dampak yang sedikit pada perusahaan. Berdasarkan pertimbangan ini, Ecolab harus memanfaatkan eROI dalam kampanye pemasaran mereka untuk memberikan nilai bagi pelanggan dan dampak keuntungan bagi perusahaan. Perusahaan juga harus memperbaiki kegiatan penunjang seperti pelatihan teknis, penyesuaian supply chain dan dukungan Marketing.