digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Savitha Saptono
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Savitha Saptono
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Savitha Saptono
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Savitha Saptono
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Savitha Saptono
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 5 Savitha Saptono
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Savitha Saptono
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami tingkat kesiapan Gojek dalam memperkenalkan manajemen pengetahuan ke dalam perusahaan, memahami kekuatan dan bidang perbaikan untuk Manajemen pengetahuan Gojek, dan menemukan alat-alat yang dapat digunakan untuk menerapkan Manajemen Pengetahuan di Goiek. Metode utama yang digunakan untuk mendapatkan data primer adalah melalui metode kuantitatif dan dikumpulkan melalui kuesioner, sedangkan data kualitatif digunakan untuk lebih memperkaya data utama yang dikumpulkan adalah melalui diskusi kelompok forum. Hasilnya menunjukkan bahwa Gojek masih dalam fase ekspansi, di mana upaya manajemen pengetahuan hadir di beberapa unit bisnis dan perusahaan melihat manfaat berbagi pengetahuan. Gojek dapat mengembangkan dirinya lebih lanjut dengan menggunakan orang sebagai akseleratornya dan menjadi juara pengetahuan. Memiliki tim orang yang berkomitmen akan menciptakan budaya berbagi pengetahuan yang dapat diikuti oleh seluruh pod perusahaan. Agar karyawan memiliki satu sumber pengetahuan, penting untuk membuat alat manajemen pengetahuan yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan portal yang sudah ada yang sudah dimiliki Gojek untuk karyawan: OneGojek. Yang perlu ditambahkan adalah kemampuan untuk menyimpan pengetahuan karyawan agar informasi dapat diakses oleh semua karyawan.