Kegiatan Praktik Kerja Industri (Prakerin) yang dilaksanakan oleh siswa SMK menghadirkan masalah terkait berjalannya sistem pembelajaran formal, utamanya pada matematika, dan khususnya pada materi tertentu yang seharusnya mereka terima, termasuk statistika (berdasarkan Kurikulum 2013). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul ajar berdasarkan model pembelajaran berbasis masalah pada materi statistika yang dapat menjadi sumber belajar pendamping bagi siswa SMK yang menjalani kegiatan Prakerin. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Instrumen yang digunakan adalah angket ahli materi, angket ahli kegrafikaan, tes awal, dan tes akhir. Modul ajar yang telah memenuhi kriteria dari segi materi dan kegrafikaan kemudian diujicobakan kepada 33 orang siswa kelas XII SMK Negeri 1 Tukak Sadai tahun ajaran 2023/2024, khususnya pada jurusan Agribisnis Perikanan Air Payau dan Air Laut (APAPL). Modul ajar yang dikembangkan dinyatakan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dari uji statistik yang dilakukan dengan menggunakan uji-t data berpasangan yang menunjukkan bahwa ada peningkatan signifikan antara rata-rata nilai tes awal dan tes akhir. Secara detail, nilai rata-rata siswa pada tes awal adalah sebesar 37,88, sedangkan nilai rata-rata siswa pada tes akhir adalah sebesar 70,00 (peningkatan hampir sebesar dua kali lipat).