digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Tingginya tingkat pertumbuhan penggunaan laptop di masyarakat khususnya bagi kalangan mahasiswa membuat ketersediaan akan laptop semakin banyak dan beragam. Dengan begitu banyak pilihan laptop yang tersedia di pasaran, seringkali membuat mahasiswa merasa kebingungan dan kesulitan dalam memilih laptop yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya. Maka dari itu, penulis ingin membantu produsen laptop untuk memberikan usulan product, price, place, dan promotion berdasarkan lifestyle mahasiswa dalam menggunakan laptop yang sesuai dengan preferensinya. Untuk dapat memberikan usulan tersebut diatas, diperlukan adanya analisis perubahan perilaku mahasiswa terhadap penggunaan dari PC ke laptop dan analisis lifestyle mahasiswa terhadap penggunaan laptop. Berdasarkan hasil analisis, secara umum dapat disimpulkan bahwa alasan mahasiswa menggunakan laptop karena adanya faktor mobilitas dan wifi/hotspot, dengan kebutuhan yang bukan saja untuk menunjang aktivitas perkuliahan tetapi juga untuk aktivitas yang lain. Tingkat kepuasan mahasiswa terhadap laptop yang dimiliki cenderung rendah dengan tingkat loyalitas penggunaan merek laptop yang rendah pula. Spesifikasi dan merek laptop merupakan prioritas yang diutamakan oleh mahasiswa untuk memilih/membeli laptop. Usulan product dibagi berdasarkan spesifikasi, merek, kualitas, warna, ergonomis, desain, fitur, material, ukuran monitor, garansi, layanan purna jual, dan desain kemasan laptop. Usulan place yaitu dengan membuka counter penjualan khusus di area pusat perbelanjaan elektronik/komputer.