Tingginya tingkat pertumbuhan penggunaan laptop di masyarakat
khususnya bagi kalangan mahasiswa membuat ketersediaan akan laptop semakin
banyak dan beragam. Dengan begitu banyak pilihan laptop yang tersedia di
pasaran, seringkali membuat mahasiswa merasa kebingungan dan kesulitan dalam
memilih laptop yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya. Maka dari itu,
penulis ingin membantu produsen laptop untuk memberikan usulan product, price,
place, dan promotion berdasarkan lifestyle mahasiswa dalam menggunakan laptop
yang sesuai dengan preferensinya.
Untuk dapat memberikan usulan tersebut diatas, diperlukan adanya analisis
perubahan perilaku mahasiswa terhadap penggunaan dari PC ke laptop dan
analisis lifestyle mahasiswa terhadap penggunaan laptop. Berdasarkan hasil analisis,
secara umum dapat disimpulkan bahwa alasan mahasiswa menggunakan laptop
karena adanya faktor mobilitas dan wifi/hotspot, dengan kebutuhan yang bukan saja
untuk menunjang aktivitas perkuliahan tetapi juga untuk aktivitas yang lain.
Tingkat kepuasan mahasiswa terhadap laptop yang dimiliki cenderung rendah
dengan tingkat loyalitas penggunaan merek laptop yang rendah pula. Spesifikasi
dan merek laptop merupakan prioritas yang diutamakan oleh mahasiswa untuk
memilih/membeli laptop.
Usulan product dibagi berdasarkan spesifikasi, merek, kualitas, warna,
ergonomis, desain, fitur, material, ukuran monitor, garansi, layanan purna jual, dan
desain kemasan laptop. Usulan place yaitu dengan membuka counter penjualan
khusus di area pusat perbelanjaan elektronik/komputer.