2024 TA PP ANDREA SHARON 1.pdf
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Anak-anak dengan autisme memiliki gangguan pada bidang komunikasi serta pada
bidang perasaan/emosi. Hal ini menyebabkan mereka kesulitan untuk mengetahui apa
yang orang lain sedang rasakan hingga tidak dapat mencerna sebuah situasi secara
emosional. Interaksi-interaksi sosial dapat menjadi bahan pembelajaran mereka karena
adanya hubungan sebab-akibat yang merupakan salah satu kelemahan mereka.
Perancangan ini dilakukan menghasilkan buku anak untuk membantu anak-anak
dengan ASD untuk belajar akan jenis-jenis emosi yang seringkali mereka rasakan
namun tidak mereka ketahui. Buku anak yang dirancang menggabungkan elemenelemen
yang menarik secara visual, seperti ilustrasi yang hidup dan fitur-fitur
interaktif. Secara umum, anak-anak autisme menyukai penggambaran yang terkesan
berlebihan serta memiliki fokus yang mudah sekali terdistraksi. Oleh karena itu,
penekanannya ditempatkan pada penciptaan narasi yang secara eksplisit
mengeksplorasi berbagai macam emosi, mengurangi adanya kiasan ataupun anologi,
serta menggunakan karakter dan skenario yang berhubungan untuk meningkatkan
pemahaman dan resonansi emosional.