digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Indah Radityo Putri
PUBLIC Irwan Sofiyan

COVER Indah Radityo Putri
PUBLIC Irwan Sofiyan

BAB 1 Indah Radityo Putri
PUBLIC Irwan Sofiyan

BAB 2 Indah Radityo Putri
PUBLIC Irwan Sofiyan

BAB 3 Indah Radityo Putri
PUBLIC Irwan Sofiyan

BAB 4 Indah Radityo Putri
PUBLIC Irwan Sofiyan

BAB 5 Indah Radityo Putri
PUBLIC Irwan Sofiyan

BAB 6 Indah Radityo Putri
PUBLIC Irwan Sofiyan

DAFTAR Indah Radityo Putri
PUBLIC Irwan Sofiyan


Batik Pendulum adalah pola batik baru yang diciptakan oleh Rumah Batik Komar dengan menggunakan pendulum satu tali yang berisi lilin. Namun, untuk saat ini pembuatannya masih manual sehingga tidak memungkinkan adanya pembuatan ulang pada jumlah yang besar. Penelitian ini merupakan bagian dari proyek pengembangan mesin dan perangkat lunak untuk menghasilkan Batik Pendulum di mana penelitian ini hanya akan berfokus pada pengembangan perangkat lunak. Perangkat lunak yang dirancang akan dilengkapi dengan fitur identifikasi lintasan spiral berupa fitting sketsa kasar dan fitur perencanaan lintasan spherical pendulum melalui perubahan parameter. Lintasan spiral dipilih karena sering digunakan dalam pola batik sedangkan lintasan spherical pendulum dipilih karena memiliki pola yang sama dengan Batik Pendulum yang saat ini dihasilkan. Pada identifikasi lintasan spiral telah dirancang algoritma yang menerima masukan berupa sketsa kasar dan menghasilkan pola spiral. Kedua metode optimasi berbasis komputasi evolusioner, Particle Swarm Optimization (PSO) dan Genetic Algorithm (GA), terbukti sebagai metode terbaik pada kasus identifikasi parameter spiral . Algoritma identifikasi lintasan spiral ini dirancang pada KOTLIN dan telah dibandingkan dengan MATLAB. PSO KOTLIN secara konsisten menjadi metode dengan waktu penyelesaian tercepat diikuti oleh GA KOTLIN, GA MATLAB, dan PSO MATLAB dengan perbandingan waktu penyelesaian masing-masing lima hingga enam kali lebih cepat, 19 hingga 20 kali lebih cepat, dan 21 hingga 25 kali lebih cepat. Pengimplementasian identifikasi lintasan spiral pada perangkat lunak menunjukkan waktu yang diperlukan dari sketsa kasar hingga lintasan hasil terbentuk adalah 90 – 240 detik. Karena waktu respons melebihi 10 detik maka user mendapatkan feedback berupa tampilan layar loading. Pada perencanaan lintasan spherical pendulum telah dirancang algoritma yang menerima masukan berupa parameter untuk menghasilkan pola spherical pendulum. Dari masukan tersebut terbukti bahwa parameter yang diajukan dapat memberikan beraneka ragam pola spherical pendulum. Pengimplementasian perencanaan lintasan spherical pendulum pada perangkat lunak menunjukkan waktu yang diperlukan dari parameter berubah hingga lintasan dihasilkan adalah 1 – 2 detik. Sehingga, tidak diperlukan feedback apapun kepada user.