COVER Sajjad Ali
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 1 Sajjad Ali
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 2 Sajjad Ali
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 3 Sajjad Ali
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 4 Sajjad Ali
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 5 Sajjad Ali
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 6 Sajjad Ali
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
PUSTAKA Sajjad Ali
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
PT Eisen Bower adalah perusahaan jasa yang bergerak di bidang industri kreatif.
Jasa yang disediakan adalah berupa desain komunikasi visual dan desain interior.
PT Eisen Bower ingin mengembangkan dan memperbaiki proses jasanya di sektor
desain interior. Hal ini disebabkan karena jasa yang disediakan dinilai kurang
kompetitif untuk perusahaan. Oleh karena itu, pihak PT Eisen Bower membutuhkan
perbaikan proses jasa yang diharapkan dapat membuat jasa yang disediakan oleh
PT Eisen Bower lebih sustainable.
Perbaikan proses jasa dilakukan dengan cara memetakan proses bisnis jasa existing,
dan evaluasi dari proses bisnis jasa tersebut. Berdasarkan hasil evaluasi, perbaikan
proses dapat dirancang. Pemetaan proses bisnis dilakukan dengan tujuan untuk
memahami proses yang berjalan di PT Eisen Bower dalam melaksanakan dan
mengembangkan jasanya. Evaluasi dilakukan untuk mengetahui tingkat kesiapan
proses dan organisasi dalam menyediakan jasanya. Model yang relevan digunakan
untuk melakukan perbaikan proses jasa tersebut adalah New Service Development
Maturity Model (NSDMM). Model ini digunakan untuk mengevaluasi dan
merancang sebuah perbaikan dari proses pengembangan jasa baru. Pada dasarnya,
evaluasi maturitas dapat dilakukan dengan cara studi dokumentasi, wawancara, dan
observasi. Namun, hal ini memberikan kemungkinan bahwa data yang
dikumpulkan bersifat subjektif. Oleh karena itu, evaluasi maturitas dilakukan
dengan cara mengumpulkan bukti dukung indikator atau evidence yang dapat
dijadikan sebagai instrumen penilaian maturitas yang lebih objektif.
Perbaikan proses jasa dengan menggunakan New Service Development Maturity
Model menghasilkan sebuah usulan berupa roadmap perbaikan yang di dalamnya
pihak PT Eisen Bower dapat melakukan pengembangan jasanya jauh lebih baik
lagi. Pengadaan workshop dan pengembangan aplikasi jasa interior dapat
diterapkan dengan memanfaatkan roadmap perbaikan tersebut.