digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER David Silaban
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 1 David Silaban
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 David Silaban
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 David Silaban
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 David Silaban
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 David Silaban
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 6 David Silaban
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

PUSTAKA David Silaban
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

Klinik Kesehatan Wishan Medika merupakan layanan kesehatan yang berlokasi di Ciputat, Tangerang Selatan. Semakin berkembangnya waktu, produk dan layanan yang disediakan, kini pelayanan yang diberikan tidak hanya di klinik saja, namun juga ke lokasi lain dengan layanan home care dan home visit. Diskusi yang dilakukan bersama direktur dan general manager perusahaan memberikan hasil bahwa Klinik Kesehatan Wishan Medika harus memanfaatkan media sosial Instagram yang sudah dimiliki sebelumnya agar mampu meningkatkan promosi serta menjangkau lebih banyak pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang strategi promosi yang baik untuk Wishan Medika berdasarkan fiturfitur yang tersedia pada Instagram sendiri dan bentuk promosi lain yang dapat diterapkan oleh perusahaan. Bentuk-bentuk promosi tersebut diklasifikasikan berdasarkan media saluran pemasarannya, menjadi owned media dan paid media. Implementasi terhadap earned media tidak dilakukan karena belum terdapat data terkait. Bentuk promosi pada owned media antara lain: optimasi profil dan desain feed, mengunggah berbagai jenis konten, penggunaan tagar pada konten unggahan, dan teknik follow-unfollow. Sedangkan bentuk promosi pada paid media antara lain: promosi dengan Instagram Ads dan giveaway (kontes). Selanjutnya dilakukan implementasi dan pengukuran terhadap rancangan strategi promosi yang sudah dibuat. Dengan strategi promosi menggunakan media sosial Instagram, Wishan Medika mampu menjangkau pemirsa lebih luas. Namun dari rancangan strategi promosi yang sudah diukur kinerjanya, ternyata tidak semua aktivitas promosi ini memberikan hasil yang baik kepada Wishan Medika.