COVER Widiyana Daniasya
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 1 Widiyana Daniasya
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 2 Widiyana Daniasya
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 3 Widiyana Daniasya
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 4 Widiyana Daniasya
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 5 Widiyana Daniasya
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 6 Widiyana Daniasya
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
PUSTAKA Widiyana Daniasya
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Pelanggan merupakan aset yang penting bagi sebuah bisnis. Oleh karena itu,
perusahaan perlu mempertahankan sebanyak mungkin pelanggan yang sudah
mereka miliki. TRAC – Astra Rent A Car merupakan sebuah perusahaan yang
bergerak di bidang jasa rental mobil dengan salah satu jenis layanan yang
ditawarkan adalah rental jangka pendek untuk pelanggan perorangan. TRAC saat
ini menerapkan promosi sebagai upaya retensi pelanggan perorangan, tetapi
promosi eksisting dinilai belum efektif karena belum adanya pengetahuan
mengenai karakteristik pelanggan perorangan, salah satunya adalah karakteristik
perilaku.
Penelitian ini menggunakan metode latent class analysis untuk membentuk segmen
pelanggan berdasarkan perilaku aktual historis pelanggan dalam melakukan rental
mobil. Variabel yang digunakan sebagai basis segmentasi terdiri dari frekuensi
sewa, waktu reservasi, sewa pada periode high season, proporsi sewa di akhir
pekan, durasi sewa, dan jenis mobil. Data yang digunakan merupakan data sekunder
berupa data transaksi rental historis pada rentang waktu Januari 2019 hingga Mei
2021. Data tersebut didapatkan dari basis data perusahaan.
Segmentasi dengan latent class analysis menghasilkan lima segmen pelanggan
yaitu ‘infrequent business traveler’, ‘frequent customer’, ‘short-term weekend
leisure traveler’, ‘one-time holiday customer’, dan ‘go-show business traveler’.
Usulan promosi ditujukan untuk dua segmen terpilih yakni ‘frequent customer’ dan
‘one-time holiday customer’. Bentuk promosi yang diusulkan untuk segmen
‘frequent customer’ adalah patronage reward, sedangkan bentuk promosi yang
diusulkan untuk ‘one-time holiday customer’ adalah penawaran khusus yang
dilengkapi voucher komplemen.