2023_TS_PP_R. Biantoro Kusumo Setiawan_ 29119374_Full Thesis.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Yose Ali Rahman
Keadaan ekonomi Indonesia pasca Covid-19 sudah berangsur membaik
terlihat pada PDB sektor real estat di tahun 2022 naik 2,84% dari tahun
sebelumnya, berdampak pada meningkatnya kepedulian masyarakat di perkotaan
terhadap perabot di rumah mereka. Di sisi lain, meningkatnya permintaan perabot
berdampak pada meningkatnya persaingan di sisi produsen perabot. INITU
FURNISH sebagai produsen perabot mengalami dampak penurunan pada
pemasukan sehingga perlu dibuatkan strategi bisnis baru.
Penelitian ini dilakukan upaya mengembangkan strategi bisnis yang baru
menggunakan metode kualitatif wawancara dan diskusi dengan pihak manajemen
INITU bersama pihak terkait dan studi literatur. Pengumpulan data didapat dari
analisa eksternal meliputi analisa Porter’s 5 Forces, analisa pesaing lalu untuk
analisa internalnya menggunakan analisa sunber daya, analisa VRIO, dan analisa
marketing mix 7P. Pengolahan data dari analisis tersebut ditampilkan
menggunakan SWOT setelah itu diolah datanya menjadi strategi bisnis yang baru
menggunakan maktiks TOWS untunk menjelaskan hasil kongkritnya. Pada hasil
penelitiannya menjelaskan bahwa posisi INITU kurang bisa bersaing, maka
INITU harus menilih untuk menerapkan strategi baru berupa 5 kegiatan yang
telah diseuaikan dengan kondisi INITU saat ini agar dapat berada posisi blue
ocean.
Kesimpulannya supaya INITU dapat lepas dari kondisi penurunan
pemasukan seperti sekarang diperlukan penerapan 5 kegiatan strategi baru yang
dilakukan oleh divisi Manjemen, Marketing, dan Produksi.