digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

23219357 Zakki Mudhoffar (2).pdf
PUBLIC Dessy Rondang Monaomi

Kendaraan listrik (EV) sangat penting dalam peralihan ke praktik ramah lingkungan, khususnya di industri transportasi. Namun, kendala utama yang membatasi jangkauan dan kepraktisan kendaraan listrik adalah efisiensi penggunaan baterai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menciptakan algoritma pencarian rute khusus EV yang dioptimalkan dengan penekanan pada efisiensi baterai. Untuk menemukan rute yang paling hemat energi, parameter ketinggian data topografi diintegrasikan ke dalam metode A* (A-star) tradisional. Metodologi ini memadukan desain simulasi berbasis skenario nyata dari Kampus ITB menuju Stasiun Bandung dengan analisis teoritis dan pengumpulan data terkait, seperti parameter Kendaraan listrik dan baterai. Hasilnya menunjukkan bahwa memilih rute berdasarkan lalu lintas dan ketinggian dapat mengetahui penggunaan energi pada kendaraan listrik, sehingga dapat menghasilkan perkiraan jangkauan EV yang lebih jauh. Penemuan ini mendorong penggunaan Kendaraan listrik secara lebih luas, dan mengurangi dampak lingkungan dari lalu lintas kendaraan.