Kendaraan listrik (EV) sangat penting dalam peralihan ke praktik ramah
lingkungan, khususnya di industri transportasi. Namun, kendala utama yang
membatasi jangkauan dan kepraktisan kendaraan listrik adalah efisiensi
penggunaan baterai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menciptakan algoritma
pencarian rute khusus EV yang dioptimalkan dengan penekanan pada efisiensi
baterai. Untuk menemukan rute yang paling hemat energi, parameter ketinggian
data topografi diintegrasikan ke dalam metode A* (A-star) tradisional. Metodologi
ini memadukan desain simulasi berbasis skenario nyata dari Kampus ITB menuju
Stasiun Bandung dengan analisis teoritis dan pengumpulan data terkait, seperti
parameter Kendaraan listrik dan baterai. Hasilnya menunjukkan bahwa memilih
rute berdasarkan lalu lintas dan ketinggian dapat mengetahui penggunaan energi
pada kendaraan listrik, sehingga dapat menghasilkan perkiraan jangkauan EV yang
lebih jauh. Penemuan ini mendorong penggunaan Kendaraan listrik secara lebih
luas, dan mengurangi dampak lingkungan dari lalu lintas kendaraan.