Setiap hari manusia akan mengalami adanya pergeseran dan adaptasi sehingga
memikirkan pakaian yang akan dipakai dari baju hingga aksesoris, membuat
fashion merupakan seolah-olah salah satu kebutuhan pokok. Perkembangan bidang
fashion di Indonesia mempengaruhi munculnya beberapa pilihan gaya atau style
fashion. Hal tersebut membuat fashion merupakan salah satu gaya hidup.
Menentukan gaya hidup terjadi dikarenakan adanya interaksi antar manusia dengan
pilihan lingkungannya. Sehingga terpilihnya kelompok yang mempunyai referensi
yang sama, sama seperti fashion. Dari pilihan beberapa style tersebut, bisa menjadi
fashion jika style tersebut diadopsi oleh suatu kelompok. Pemilihan saat memilih
baju hingga aksesoris akan muncul tergantung destinasi seseorang pada saat itu.
Pakaian sudah direncanakan dan dipilih dengan menyesuaikan tempat atau
destinasi yang dituju.
Ruang publik merupakan tempat dimana orang beraktivitas dan berinteraksi satu
sama lain. Desain arsitektur ruang publik bisa menjadi acuan pada saat pemilihan
pakaian yang ingin dikenakan sehingga selaras dengan lokasinya. M Bloc Space
Jakarta merupakan salah satu tempat ruang publik yang terkenal dengan
keramaiannya. Ruang publik tersebut sering dijadikan tempat kegiatan interaksi
kreatif karena banyaknya acara yang diselenggarakan. Nuansa nostalgia masa
lampau menawarkan suasana baru bagi kaum generasi Millennial dan Gen Z.
Berdasarkan hal tersebut peneliti akan melakukan mengidentifikasi karakteristik
fashion pada pengunjung M Bloc Space Jakarta.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan metode yang dipilih dapat
disimpulkan adanya pengaruh karakter tempat terhadap karakteristik fashion.
Pengunjung memikirkan jenis fashion apa yang akan cocok dengan karakter
bangunan pada tempat yang dikunjungi serta aktivitas dan kegiatannya. Penelitian
ini meningkatkan bahwa adanya keterkaitan antara jenis fashion yang dipakai
dengan karakter tempat.