digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Setiap hari manusia akan mengalami adanya pergeseran dan adaptasi sehingga memikirkan pakaian yang akan dipakai dari baju hingga aksesoris, membuat fashion merupakan seolah-olah salah satu kebutuhan pokok. Perkembangan bidang fashion di Indonesia mempengaruhi munculnya beberapa pilihan gaya atau style fashion. Hal tersebut membuat fashion merupakan salah satu gaya hidup. Menentukan gaya hidup terjadi dikarenakan adanya interaksi antar manusia dengan pilihan lingkungannya. Sehingga terpilihnya kelompok yang mempunyai referensi yang sama, sama seperti fashion. Dari pilihan beberapa style tersebut, bisa menjadi fashion jika style tersebut diadopsi oleh suatu kelompok. Pemilihan saat memilih baju hingga aksesoris akan muncul tergantung destinasi seseorang pada saat itu. Pakaian sudah direncanakan dan dipilih dengan menyesuaikan tempat atau destinasi yang dituju. Ruang publik merupakan tempat dimana orang beraktivitas dan berinteraksi satu sama lain. Desain arsitektur ruang publik bisa menjadi acuan pada saat pemilihan pakaian yang ingin dikenakan sehingga selaras dengan lokasinya. M Bloc Space Jakarta merupakan salah satu tempat ruang publik yang terkenal dengan keramaiannya. Ruang publik tersebut sering dijadikan tempat kegiatan interaksi kreatif karena banyaknya acara yang diselenggarakan. Nuansa nostalgia masa lampau menawarkan suasana baru bagi kaum generasi Millennial dan Gen Z. Berdasarkan hal tersebut peneliti akan melakukan mengidentifikasi karakteristik fashion pada pengunjung M Bloc Space Jakarta. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan metode yang dipilih dapat disimpulkan adanya pengaruh karakter tempat terhadap karakteristik fashion. Pengunjung memikirkan jenis fashion apa yang akan cocok dengan karakter bangunan pada tempat yang dikunjungi serta aktivitas dan kegiatannya. Penelitian ini meningkatkan bahwa adanya keterkaitan antara jenis fashion yang dipakai dengan karakter tempat.