digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Meningkatnya pertumbuhan hotel budget di Bandung mengarah pada persaingan yang ketat. Oleh karena itu, bisnis hotel harus membangun sebuah strategi untuk mengikutsertakan dan mengikat pelanggannya agar dapat memenangkan kompetisi. Salah satu strategi yang paling popular di sektor hotel adalah membangun program loyalty dengan maksud meningkatkan kesetiaan pelanggan. Berkaitan dengan hal itu, penilian ini memfokuskan pada topik “Sikap Pelanggan terhadap Loyalty Card pada Hotel Budget di Bandung”. Mangkaji literatur mengenai loyalty card dan loyalty program pada hotel dikumpulkan dan dijadikan sebagai landasan teori dalam menentukan fitur-fitur loyalty card untuk diujikan pada penelitian ini. Dan juga Fishbein model digunakan dalam penelitian ini sebagai metodologi. Fishbein Multi-attribute Model digunakan sebagai instrumen utama untuk mengukur sikap apakah positif atau negatif. Metode judgement sampling digunakan untuk menentukan sampel penelitian dan 173 responden telah dipilih untuk penelitian ini. Hasil dari perhitungan Fishbein Multi-attribute adalah +529.07 atau dapat diartikan sebagai sikap yang positif. Hal ini berarti pelanggan hotel budget melihat bahwa fitur-fitur hotel budget yang diujikan dalam penelitian ini sebagai fitur yang menarik. Dari semua fitur yang diujikan, Diskon pada Harga Kamar memperoleh hasil nilai evaluasi tertinggi yang diakui sebagai fitur yang paling menarik dan penting bagi pelanggan. Dapat disimpulkan bahwa sikap pelanggan terhadap loyalty program pada hotel budget di Bandung adalah positif dengan fitur Diskon pada Harga Kamar sbagai fitur paling penting dan menarik dibandingkan fitur lain.