digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Diajeng Diska Ayudia Azani
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Diajeng Diska Ayudia Azani
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Diajeng Diska Ayudia Azani
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Diajeng Diska Ayudia Azani
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Diajeng Diska Ayudia Azani
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 5 Diajeng Diska Ayudia Azani
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Diajeng Diska Ayudia Azani
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) merupakan salah satu pasar yang terus berkembang di Indonesia. Perkembangan industri ini sejalan dengan bertambahnya jumlah penduduk dan setiap penduduk membutuhkan air minum sebagai kebutuhan dasar, ditambah lagi dengan tidak adanya sumber ‘tap water’ yang layak dikonsumsi. AQUA adalah pemimpin pasar dengan pangsa gabungan saluran penjualan modern dan tradisional sebesar 50.6% pada Desember 2022. Seiring dengan tingginya permintaan pasar, merek-merek lain turut dalam persaingan ketat di industri AMDK baik pemain lokal, nasional, maupun internasional seperti LeMinerale, Nestle Pure Life, Crystalline, dan lain-lain. Meskipun menjadi pionir dan pemimpin pasar, namun pangsa AQUA perlahan menurun secara berkala dari tahun ke tahun. Kajian ini menggunakan analisis internal dan external untuk merumuskan strategi komersil AQUA guna mempertahankan dan meningkatkan pangsa pasar. Hasil situasi internal dan eksternal AQUA kemudian dirangkum melalui matriks SWOT, yang kemudian dianalisis kembali dan dirumuskan ke dalam matriks TOWS, kemudian dihubungkan dengan hasil analisis VRIO, Analisis Five Forces, Analisis Kompetitor dan Marketing Mix 4P. Data analisis penelitian melibatkan survei ke 418 responden yang aktif memutuskan dan membeli AMDK di minimarket atau supermarket dalam satu bulan terakhir dan wawancara mendalam. Berdasarkan hasil analisis internal dan eksternal, diusulkan beberapa strategi dengan menggunakan pendekatan bauran pemasaran untuk meningkatkan pangsa pasar AQUA.