digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Achmad Reyhan
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Achmad Reyhan
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Achmad Reyhan
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Achmad Reyhan
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Achmad Reyhan
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 5 Achmad Reyhan
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Achmad Reyhan
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) merupakan usaha yang memiliki kemampuan berkembang dan berkontribusi perekonomian negara. Jumlah UMKM di Indonesia terus meningkat dan pemerintah terus mendorong untuk bergabung dengan ekosistem digital. Indonesia Creator Economy (ICE) merupakan manajemen influencer di Indonesia. ICE bertujuan menyediakan konten media digital yang akurat, menarik, dan informatif. Penelitian ini menggunakan model studi kasus dengan metode deskriptif kualitatif, dan pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil FDG (Focus Group Discussion), Kanvas model bisnis baru ini dikembangkan didasari tulang ikan dan dilengkapi dengan data pendukung yang diperoleh dari FDG. Berdasarkan tulang ikan, penyebab rendahnya pencapaian target disebabkan oleh kurangnya pemahaman ICE terhadap segmen dan target pasar. Terkait identifikasi dan analisis strategi pada ICE dilakukan melalui penerapan sembilan elemen pada kanvas model bisnis meliputi ; segmen pelanggan, proposisi nilai, saluran, hubungan pelanggan, aliran pendapatan, sumber daya utama, aktivitas utama, kemitraan utama, dan struktur biaya. Sehingga strategi yang diterapkan ICE untuk meningkatkan awareness pada aspek pemasaran dengan beberapa program dan menambah tenaga kerja.