digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Tujuan studi ini adalah menyelidiki intensi konsumen dalam membeli produk olahraga palsu/tiruan. Studi ini menggunakan theory of planned behavior yang diadopsi dari Ajzen, (1991). Teori ini terdiri dari tiga variabel bebas yaitu attitude, subjective norm and perceived behavioral control untuk memprediksi purchase intention sebagai variabel terikat. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang menggunakan kuesioner sebagai sumber data primer. Kuesioner ini didistribusikan di daerah kota Bandung dengan jumlah 100 lembar dengan kuesioner cetak dan melalui media sosial. Tempat pendistribusian kuesioner mengambil beberapa lokasi seperti area ITB, area CFD (Car Free Day) Dago, Gazibu, Braga dan masjid Salman. Sedangkan untuk yang media online pendistribusiannya melalui e-mail, pesan facebook dan aplikasi LINE. Hasil studi ini menunjukkan bahwa attitude, subjective norm dan perceived behavioral control memiliki hubungan positif dengan purchase intention. Hal ini berarti jika salah satu dari variabel-variabel ini semakin kuat maka purchase intention seseorang juga akan semakin kuat. Dan, purchase intention seseorang akan melemah ketika salah satu dari variabel-variabel ini melemah terhadap produk palsu/tiruan. Hal ini berlaku untuk setiap variabel bebas. Penemuan selanjutnya adalah attitude, subjective norm dan perceived behavioral control secara serempak mempengaruhi intensi konsumen dalam membeli produk olahraga palsu. Hal ini berarti semakin tinggi nilai pada variabel-variabel ini maka akan semakin kuat pula intensi konsumen dalam membeli produk olahraga palsu.