2015 SK PP Sharfina Adani [19012090] - Full Text.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Abdul Aziz Ariarasa
Indonesia sebagai salah satu negara yang paling padat penduduknya di dunia menjadi negara dengan permintaan pasar yang cukup besar dari berbagai merek. Berbagai jenis produk ditawarkan ke pasar Indonesia saat ini. Tidak hanya produk dari merek internasional tetapi juga produk-produk dari merek lokal.
Ada begitu banyak cara bagi sebuah merek untuk memperkenalkan produk barunya ke pasar, seperti melalui social media, dengang menggunakan selebriti sebagai pendukung, kampanye, percobaan produk, melalui iklan cetak. dan membuat peluncuran produk. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan selebriti sebagai pendukung. Dukungan selebriti adalah saat orang terkenal muncul dalam sebuah iklan yang mengatakan bahwa mereka menggunakan dan menyukai produk tertentu, hal tersebut dapat menyebabkan pengakuan dan kesadaran dari pasar. We Are The Walrus sebagai merek notebook lokal baru di Indonesia menggunakan Ask.fm artis sebagai dukungan untuk mempromosikan produk mereka. Ask.fm adalah platform media sosial yang memungkinkan pengguna untuk bertanya secara anonim atau sebagai pengguna yang teridentifikasi, social media ini tidak memiliki pengaturan privasi.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi hubungan antara dukungan selebriti, niat pembelian, dan kepuasan pelanggan. Penelitian ini dilakukan mulai dari bulan Maret sampai Juli 2015 di Indonesia. Responden bagi penelitian ini ada 150 orang yang merupakan pembeli dari We Are The Walrus yang dipilh secara acak selama batas waktu yang telah ditentukan. Susunan kuesioner diberikan dalam bentuk Skala Likert dengan kisaran 1 sampai 5. Data yang sudah terkumpul dianalisis dengan menggunakan IBM SPSS 21,0 untuk Mac yang diproses melalui validitas, reliabilitas, normalitas, dan analisis jalur.
Singkatnya, dukungan selebriti memiliki pengaruh langsung pada niat beli tetapi tidak memiliki pengaruh langsung terhadap kepuasan pelanggan. Niat beli hanya memiliki pengaruh langsung terhadap kepuasan pelanggan. Meskipun dukungan selebriti tidak memiliki pengaruh langsung terhadap kepuasan pelanggan, dukungan selebriti masih memiliki pengaruh tidak langsung terhadap kepuasan pelanggan melalui niat beli.