digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Industry tekstil atau fashion di Indonesia bernilai sekitar US$ 15 miliyar dengan lebih dari 2500 manufaktur tekstil, garmen, dan sepatu di pulau Jawa. Vorekraft Company adalah salah satu dari sekian banyak industri fashion yang bergerak pada bidang penyedia jenis-jenis peralatan travelling. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan proses analisis keputusan untuk bisnis start-up, di mana pada kasus ini adalah perusahaan Vorekraft, untuk menentukan strategi terbaik dalam meningkatkan posisinya pada Tahap Pertumbuhan Usaha Kecil. Analisis keputusan adalah suatu metode analisis yang pada umumnya digunakan oleh Usaha Kecil dan Menengah untuk menentukan strategi yang paling efektif dengan rasional untuk mengatasi permasalahan dan mendorong pertumbuhan dari bisnis tersebut. Metode yang digunakan pada penelitian ini antara lain Fishbone Diagram untuk menganalisis akar permasalahan dari suatu bisnis, analisis Brainstorming yang digunakan untuk mengidentifikasi alternatif solusi, serta analisis Must and Wants untuk menghasilkan solusi yang paling efektif. Penelitian ini menggunakan data kualitatif yang didapatkan dari hasil wawancara dengan pemilik perusahaan Vorekraft. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Vorekraft perlu untuk menentukan tujuan pasar yang berhubungan dengan perancang dan vendor dari produknya, (2) Vorekraft perlu untuk menemukan investor yang dapat meningkatkan probabilitas pertumbuhan bisnisnya, dan (3) Vorekraft harus mencari partner baru yang bertanggungjawab pada manajemen operasi dari bisnis tersebut.