digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Darma Adhi Wardhana
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 1 Darma Adhi Wardhana
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 2 Darma Adhi Wardhana
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 3 Darma Adhi Wardhana
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 4 Darma Adhi Wardhana
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 5 Darma Adhi Wardhana
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 6 Darma Adhi Wardhana
PUBLIC Alice Diniarti

PUSTAKA Darma Adhi Wardhana
PUBLIC Alice Diniarti

Dalam tahap studi kelayakan konstruksi jalan bebas hambatan, para insinyur dan pemangku kepentingan sebagai pembuat keputusan berusaha untuk memilih skenario acuan desain dan konstruksi yang optimal sebagai dasar implementasi perencanaan strategis infrastruktur yang baik. Tahap ini membutuhkan pertimbangan matang yang melibatkan beberapa faktor multidimensi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan model pengambilan keputusan menggunakan metode analisis keputusan multikriteria. Pertama, metode Delphi digunakan sebagai teknik penggalian informasi terhadap beberapa pakar dalam bidangnya. Kemudian metode Pairwise Comparison digunakan untuk mempertimbangkan preferensi kriteria. Metode CODAS digunakan sebagai algoritma pengambilan keputusan. Ketiga metode di atas diaplikasikan dalam studi kasus perencanaan proyek jalan tol wilayah Jawa Tengah. Proyek tersebut memiliki tiga alternatif trase jalan bebas hambatan, dengan karakteristiknya masing-masing. Hasil dari metode Pairwise Comparison menunjukkan preferensi kriteria yang digunakan lebih menekankan pada dampak pembangunan jalan terhadap lingkungan di sekitarnya tanpa mengabaikan kriteria keamanan. Hal yang menjadi keunikan dalam penelitian ini adalah pemilihan tata guna lahan dan bentuk kontur bumi yang berbeda dari penelitian terdahulu, dimana kriteria tersebut tidak digunakan sebelumnya. Pada tahap akhir metode CODAS menghasilkan perhitungan alternatif yang memiliki karakteristik paling optimal dengan pertimbangan kriteria yang terbentuk. Hasil dari penelitian ini dapat digunakan sebagai alat untuk analisis pembuatan keputusan dalam tahap studi kelayakan perencanaan pembangunan jalan bebas hambatan di kemudian hari.