digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Saat ini, keinginan umat Muslim di Indonesia untuk melaksanakan ibadah umrah mengalami peningkatan. Peluang ini ditangkap oleh travel umrah, terkhusus Dago Wisata. Dago Wisata menyediakan jasa layanan umrah untuk umat Muslim. Sangat penting untuk mengetahui pendapat konsumen tentang layanan umrah Dago Wisata. Tujuan utama dari penelitian ini adalah mengetahui kualitas layanan umrah dari PT. Dago Wisata. Hasil penelitian ini juga akan digunakan untuk memperbaiki layanan dari Smeva Holiday, perusahaan yang juga fokus di bisnis umrah. Penelitian ini dilakukan di Bandung menggunakan kuesioner dengan 100 responden. Kuesioner menggunakan dimensi SERVQUAL dengan menggunakan skala 1 – 5. Data diolah menggunakan Microsoft excel dan SPSS. Importance Performance Analysis digunakan untuk menganalisis kondisi layanan saat ini dan menganalis layanan yang harus ditingkatkan oleh Manajemen Dago Wisata dalam rangka menciptakan kepuasan pelanggan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat tiga layanan yang harus diperbaiki oleh Dago Wisata, yaitu layanan yang berkaitan dengan jarak hotel dengan masjid di Mekah dan Madinah. Layanan lain yang harus diperbaiki yaitu kepedulian pegawai Dago Wisata terhadap keluhan konsumen.